Ahad 01 Nov 2020 12:55 WIB

Pertamina Siapkan Mobile Storage di Tol Purbaleunyi-Cipali

Mobile storage bertujuan untuk mempercepat proses pengisian BBM ke SPBU

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Gita Amanda
Pertamina menyiapkan tiga mobile storage di rest area ruas tol Purbaleunyi dan tol Cipali.
Foto: Pertamina
Pertamina menyiapkan tiga mobile storage di rest area ruas tol Purbaleunyi dan tol Cipali.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Menghadapi arus balik libur panjang, PT Pertamina memastikan kesiapan layanan dan pasokan BBM di SPBU, terutama di sekitar ruas tol menuju DKI Jakarta. Melalui Marketing Operation Region (MOR) III, Pertamina menyiapkan tiga mobile storage di rest area ruas tol Purbaleunyi dan tol Cipali.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan, menyebutkan tiga mobile storage yang disiapkan itu masing-masing di rest area ruas Tol Purbaleunyi KM 97B, ruas tol Cipali KM 101 B dan KM 62B.

Baca Juga

Eko menjelaskan, mobile storage adalah mobil tangki berisi BBM yang bersiaga untuk mengisi tangki BBM di SPBU. Mobil tangki itu bertujuan untuk mempercepat proses pengisian BBM ke SPBU ketika tangki SPBU mulai kosong sehingga stok BBM dapat terjaga.

"Berdasarkan perkiraan kami, kepadatan lalu lintas di ruas tol menuju Jakarta akan terjadi mulai siang hari ini hingga nanti malam,’’ kata Eko, dalam siaran persnya yang diterima Republika, Ahad (1/11) pagi.

Untuk keamanan berkendara, Pertamina mengimbau masyarakat untuk mengisi penuh tangki kendaraan sebelum memasuki ruas tol. "Sehingga perjalanan lebih efektif dan dapat mengurangi potensi kemacetan di sekitar rest area,’’ tukas Eko.

photo
Pertamina memastikan stok BBM di SPBU tol Purbalenyi dan Cipali aman selama arus balik liburan. - (Pertamina)

Pada momen libur panjang Rabu (28/10) hingga Ahad (1/11), Pertamina mencatat konsumsi puncak terjadi pada Rabu dimana konsumsi BBM jenis gasoline (Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) mencapai 21.366 Kilo Liter (KL) di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Di antara jenis BBM tersebut,  Pertamax Turbo mencapai kenaikan tertinggi hingga 21,7 persen dari rata-rata harian. Yakni, dari 299 KL menjadi 364 KL.

Sementara pada BBM untuk kendaraan diesel, terjadi lonjakan konsumsi Biosolar sebesar 18,5 persen menjadi 9.376 KL, dibandingkan konsumsi normal harian sebesar 7.911 KL.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement