Sabtu 31 Oct 2020 20:41 WIB

Sony Hampir Selesaikan Kesepakatan Pembelian Crunchyroll

Crunchyroll dimiliki oleh AT&T yang sedang ingin melepas layanan streaming.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sony Corporation Donasikan 100 Juta Dolar AS untuk Covid-19 (Foto: ilustrasi Sony Corporation)
Foto: sony.net
Sony Corporation Donasikan 100 Juta Dolar AS untuk Covid-19 (Foto: ilustrasi Sony Corporation)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sony hampir menyelesaikan kesepakatan untuk membeli layanan streaming anime berbasis di Amerika Serikat (AS) Crunchyroll dengan harga hampir satu miliar dolar AS. Informasi ini menurut laporan dari Nikkei Asia.

Dilansir dari The Verge, Sabtu (31/10), Nikkei mengatakan Sony merundingkan hak eksklusif untuk menawar layanan streaming. Kedua perusahaan tersebut kini telah memasuki negosiasi akhir. Meskipun harga yang diminta tidak jelas, Nikkei mencatat Sony pada akhirnya dapat menghabiskan lebih dari 100 miliar yen untuk perusahaan atau sekitar 957 juta dolar AS.

Baca Juga

Crunchyroll dimiliki oleh raksasa telekomunikasi AS AT&T, yang dikabarkan telah berusaha untuk melepas layanan streaming untuk sementara waktu. AT&T ingin meminimalkan beban utangnya yang signifikan, yang berjumlah lebih dari 150 miliar AS.

Menurut laporan dari The Information, AT&T telah meminta Sony pada Agustus untuk membayar 1,5 miliar dolar AS untuk Crunchyroll. Namun, perusahaan Jepang tersebut menganggap harga itu terlalu mahal.

AT&T saat ini menggabungkan beberapa konten anime dari Crunchyroll ke dalam langganan HBO Max-nya dan menawarkan keanggotaan Crunchyroll terpisah seharga delapan dolar AS sebulan.

Dari sudut pandang Sony, mengakuisisi Crunchyroll akan membantunya meningkatkan penawaran hiburannya di pasar yang didominasi oleh streamer seperti Netflix dan Hulu. Anime telah menjadi front penting dalam pertarungan antara layanan streaming, dengan perusahaan yang berjuang untuk melisensikan serial dan film populer.

Sony sudah memiliki distributor anime AS Funimation, yang melisensikan sejumlah acara populer seperti Attack on Titan, Fullmetal Alchemist dan One Piece. Mengakuisisi Crunchyroll akan membantunya membangun katalognya lebih jauh, memperluas penawarannya di Jepang dan juga luar negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement