Monday, 8 Rabiul Akhir 1442 / 23 November 2020

Monday, 8 Rabiul Akhir 1442 / 23 November 2020

IPB Awarding Day, Ajang Apresiasi Sivitas dan Mitra

Sabtu 31 Oct 2020 19:36 WIB

Red: Irwan Kelana

Rektor IPB Prof Dr Arif Satria (kanan) menyerahkan penghargaan dalam rangka IPB Awarding Day kepada  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendesa PDDT) RI, Dr (HC) Drs Abdul Halim Iskandar MPd.

Rektor IPB Prof Dr Arif Satria (kanan) menyerahkan penghargaan dalam rangka IPB Awarding Day kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendesa PDDT) RI, Dr (HC) Drs Abdul Halim Iskandar MPd.

Foto: Dok IPB University
Eksistensi IPB tak lepas dari peran stakeholders internal dan mitra.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- IPB University sebagai perguruan tinggi terkemuka tumbuh dan berkembang tak lepas dari kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak. Baik stakeholders internal di antaranya para dosen dan unit kerja,  juga mitra-mitra terbaik dari kalangan mitra alumni, mitra pemerintahan, mitra perusahaan, juga mitra media massa.

Ragam prestasi dan kontribusi baik dalam bidang pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat telah IPB University cetak dan persembahkan untuk kejayaan bangsa.  Bertepatan dengan momen peringatan Dies Natalis ke-57 IPB University, sebuah acara yang dimaksudkan untuk menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah turut membesarkan institusi IPB University diselenggarakan.  Acara ini diberi nama IPB Awarding Day.  

IPB Awarding Day merupakan bentuk apresiasi dari IPB kepada para stakeholder dan mitra terbaik IPB, baik yang berasal dari internal maupun mitra eksternal yang selama ini memberikan dukungan untuk kegiatan pendidikan, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan inovasi serta media massa pendukung pemberitaan IPB. Sejumlah alumni inspiratif, peneliti, inovator, tokoh pengabdi masyarakat dan para dosen yang berkontribusi dalam publikasi internasional juga telah memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan IPB.

"Saya menyampaikan terima kasih atas semua upaya yang telah dilakukan untuk terus membangun dan mendorong kemajuan IPB sepanjang masa.  Karya nyata ini akan menjadi inspirasi bagi keluarga  besar IPB untuk terus berkontribusi bagi kemajuan bangsa, juga peradaban dunia", terang Prof Arif Satria, Rektor IPB University saat memberikan kata sambutan pada IPB Awarding Day, Sabtu (31/10) dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, proses penetapan penerima penghargaan mengacu kepada ketentuan-ketentuan yang berlaku dan melalui proses yang seharusnya.  Dengan penilaian dan proses yang mempertimbangkan berbagai faktor secara komprehensif dan melibatkan berbagai unit kerja di lingkungan IPB. Adapun kategori penganugerahan antara lain kategori Mitra Bantuan Pendidikan, Mitra Pengabdian pada Masyarakat, Mitra Pengembangan Inovasi, Mitra Media, Alumni Inspiratif, Peneliti, Inovator, Pengabdian pada Masyarakat dan Publikasi Internasional.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendesa PDDT) RI, Dr (HC) Drs Abdul Halim Iskandar, MPd berkesempatan hadir untuk menerima penghargaan di mana kementerian yang dipimpinnya masuk Kategori Mitra Terbaik Pengabdian pada Masyarakat.

Mendesa PDTT mengatakan, "Pertama saya bersyukur sekali, satu tahun pengabdian saya sebagai menteri kabinet di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi mendapatkan penghargaan yang luar biasa. Saya sangat bangga dengan penghargaan ini, mudah-mudahan dengan penghargaan ini dapat terus memacu melakukan inovasi dan upaya percepatan pembangunan desa, daerah tertinggal dan transmigrasi. Dan saat ini kita sudah menyiapkan loncatan untuk percepatan pembangunan desa yang kita tuangkan dalam bentuk satu konsep pembangunan desa yang terukur, akseleratif, dan bisa dipantau oleh seluruh pihak."

Ucapan selamat Dies Natalis ke-57 IPB University datang dari berbagai kalangan diantaranya mulai Prof Dr (HC) KH Ma'ruf Amin  (wakil presiden Republik Indonesia), Anies Rasyid Baswedan (gubernur DKI Jakarta), Syahrul Yasin Limpo (menteri pertanian RI), Sri Mulyani Indrawati (menteri keuangan RI) dan sejumlah public figure seperti Sandiaga Uno, Irfan Hakim, Ayu Tingting, Gisel dan Gempi, serta sederet sosok fenomenal lainnya.

Ir  Fathan Kamil, ketua HA (Himpunan Alumni)  IPB University dalam pemaparannya menyampaikan, "Kami dari himpunan alumni secara persisten terus berusaha mendorong lebih jauh almamater kami untuk bisa membangun solidaritas yang kuat dan mendorong tumbuh kembang kemampuan dalam hal ini adalah alumni dan masyarakat umum. Kegiatan Awarding ini adalah upaya kita untuk terus memperkuat bonding dengan para alumni yang menginspirasi, berkontribusi aktif, dan secara konsisten melahirkan beberapa karya maupun komitmen yang di-delivered kepada almamater tercinta maupun bangsa.” 

Sementara itu, Ir Sunarso, MSi, alumnus IPB University yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) mewakili Kategori Alumni Inspiratif menyampaikan, "Saya alumni IPB dan prinsip saya harus bisa mengerjakan apa yang saya pelajari, juga mempelajari apa yang saya kerjakan.”

Acara ini dimeriahkan dengan beberapa pertunjukan yaitu penayangan beragam video menarik seperti Campus Harmony dan inovasi unggulan, Tari Bajidor Kahot Jawa Barat, Tari Jaipong Nyentrik Cikalong Wetan, launching Wafaf IPB "Kalisa", Dendang Negeriku oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Agria Swara, dan peluncuran album "Kampus Terbaik".

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA