Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Lampard tak Pernah Ragukan Kemampuan Pulisic

Sabtu 31 Oct 2020 21:55 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Gelandang muda Chelsea, Christian Pulisic.

Gelandang muda Chelsea, Christian Pulisic.

Foto: AP/Phil Noble/Pool Reuters
Sebelumnya, pemain asal AS dianggap sulit beradaptasi di sepak bola Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Chelsea, Frank Lampard, menegaskan, tidak pernah meragukan kemampuan Christian Pulisic untuk bisa menuai kesuksesan bersama the Blues di pentas Liga Primer Inggris. Pelatih asal Inggris itu pun menjawab komentar pelatih asal Amerika Serikat (AS), Jesse March, terkait anggapan sulitnya pemain asal AS beradaptasi di sepak bola Inggris.

Pulisic resmi bergabung bersama the Blues pada musim lalu dengan banderol tranfer mencapai 58 juta poundsterling. Pada musim debutnya bersama Chelsea, gelandang serang asal AS itu mengemas sembilan gol dan empat assist dari 25 penampilan di pentas Liga Primer. Namun, eks winger Borussia Dortmund itu kerap terganggu dengan serangkaian cedera.

Pada musim ini, Pulisic juga absen di tiga laga awal Liga Primer lantaran mengalami cedera hamstring. Gelandang serang berusia 22 tahun itu baru melakoni debutnya musim ini pada awal bulan, tepatnya saat menjadi pemain pengganti di laga kontra Crystal Palace. Dari lima penampilannya di semua ajang pada musim ini, Pulisic baru mencetak satu gol.

Kendati begitu, Lampard mengaku tidak pernah meragukan kemampuan Pulisic untuk bisa menuai nama besar di Liga Primer. Menurutnya, penampilan Pulisic pada musim lalu cukup impresif. Terlebih, dengan usia yang masih muda, Pulisic memiliki potensi untuk terus memperbaiki performanya pada masa mendatang.

''Penampilannya pada musim lalu benar-benar impresif. Performanya akan terus meningkat pada masa-masa mendatang, karena dia masih muda. Saya tidak pernah meragukan kemampuan Pulisic. Sebagai pelatih di tim ini, saya tidak pernah meragukan kemampuannya untuk bisa berkembang di kompetisi ini,'' kata Lampard seperti dilansir ESPN, Jumat (30/10).

Tidak hanya itu, Lampard pun menjawab komentar Jesse March soal kecenderungan pelatih-pelatih di Eropa, termasuk di Inggris, untuk meragukan kemampuan para pemain asal AS. Sebelumnya, pelatih asal AS itu menilai, meski dari segi kemampuan Pulisic adalah pemain berkualias, tapi Pulisic bukanlah pilihan utama Lampard di skuat the Blues.

Hal ini, kata March, lantaran pemain asal AS dianggap kesulitan dalam menerapkan taktik di atas lapangan. Namun, Lampard membantah anggapan ini. Menurut eks pelatih Derby County itu, pemain dari manapun, baik dari Eropa ataupun AS selalu menemui kesulitan untuk bisa beradaptasi di pentas Liga Primer.

''Saya pernah merumput di Amerika Serikat dan saya tidak pernah meragukan kemampuan para pesepak bola asal Amerika Serikat dalam memahami taktik ataupun teknis-teknis permainan. Saya juga mengerti kesulitan pemain-pemain, dari manapun, untuk beradaptasi di Liga Primer Inggris. Namun, khusus untuk Pulisic, dia bisa beradaptasi dengan cukup baik pada musim perdananya. Hal ini terbukti dengan torehan gol dan assistnya,'' kata Lampard menjelaskan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA