Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Warung Mpok Bejo di Kediri Sediakan Makanan Gratis

Sabtu 31 Oct 2020 17:37 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Warga mengambil makan siang gratis di Warung Sedekah dan Berbagi di Kalurahan Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta, Jumat (25/9). Warung serupa juga terdapat di Kediri, Jawa Timur. Warung Mpok Bejo menggratiskan setidaknya 100 porsi setiap hari.

Warga mengambil makan siang gratis di Warung Sedekah dan Berbagi di Kalurahan Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta, Jumat (25/9). Warung serupa juga terdapat di Kediri, Jawa Timur. Warung Mpok Bejo menggratiskan setidaknya 100 porsi setiap hari.

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pemilik warung Mpok Bejo ingin berbagi dengan menggratiskan makanan dan minuman.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Warung "Mpok Bejo" di Kota Kediri, Jawa Timur, menyediakan makanan serta minuman gratis kepada siapa saja yang membutuhkan. Layanan tersebut menjadi sebagai bagian dari bantuan sosial bagi warga kurang mampu di masa pandemi Covid-19.

"Kami menggratiskan makanan dan minuman ini untuk berbagi," kata Siti Maisaroh, pemilik warung "Mpok Bejo" di Kota Kediri, Sabtu.

Siti mengatakan, setiap hari warungnya menyediakan beras hingga 10 kilogram untuk ditanak. Selain nasi, beragam lauk juga disediakan secara gratis beberapa hari terakhir.

Dalam sehari, setidaknya ada 100 porsi yang dibuat untuk digratiskan. Warga datang langsung ke warung di Kelurahan Bandar Lor, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri itu.

Sudaningsih, salah seorang warga yang berkunjung ke warung, mengaku senang dengan adanya makanan dan minuman gratis. Terlebih, menunya juga berganti-ganti.

"Saya sering makan di sini dan senang," kata dia.

Tri Ningsih, pengunjung lainnya, berharap pemilik warung diberikan rezeki berlimpah. Ia juga terbantu karena bisa makan dan minum secara gratis, terlebih lagi saat ini masih masa pandemi Covid-19, sehingga semua serba terbatas.

"Kami tentunya sangat senang. Kami juga berharap pemilik warung diberikan rejeki yang berlimpah," kata Tri.

Pemkot Kediri juga bekerja sama dengan berbagai lembaga amal di Kota Kediri, yakni Baznas (Badan Amal Zakat Nasional), Rumah Zakat, Yatim Mandiri, BMH (Baitul Maal Hidayatullah), NH (Nurul Hayat), LMI, Sahabat Mustahiq, dan Al Haromah dengan membentuk Si Jamal (Sinergi untuk Jaring Pengaman Sosial) Kota Kediri. Bagi warga yang hendak memberikan bantuan bisa disalurkan lewat Si Jamal, yang nantinya akan diberikan kepada warga yang berhak.

Program itu dibuat saat pandemi Covid-19, memudahkan proses penyaluran bantuan. Berbagai bantuan telah diberikan kepada warga, seperti memberikan bantuan bahan pokok untuk warga yang menjalani isolasi atau daerahnya dilakukan isolasi demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Warga di lingkungan, juga penarik becak, dan kelompok yang membutuhkan lainnya termasuk dalam kategori penerima bantuan.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA