Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Presiden Meksiko Tunjuk Menteri Keamanan Perempuan Pertama

Sabtu 31 Oct 2020 14:23 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih

Rosa Icela Rodriguez

Rosa Icela Rodriguez

Foto: forbes
Rosa Icela Rodriguez akan memimpin Kementerian Keamanan Meksiko.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador menunjuk Rosa Icela Rodriguez untuk memimpin Kementerian Keamanan, Jumat (30/10). Dia menjadi sosok perempuan pertama yang menempati jabatan tersebut.

Lopez Obrador mengatakan dia ingin menginginkan sekutu politik  yang saat ini bertanggung jawab atas pelabuhan Meksiko menjadi menteri keamanan. Rodriguez akan menggantikan Menteri Keamanan yang saat ini sedang menjabat, Alfonso Durazo.

Sebelum memimpin pelabuhan pada Juli, Rodriguez adalah Menteri Dalam Negeri Mexico City di bawah Walikota Claudia Sheinbaum. Dia mendapatkan pujian karena menjaga ketertiban ketika ibu kota dan harus mengatasi pembatasan terhadap virus corona pada musim semi ini.

Mantan jurnalis itu memotong administrasi publik di berbagai pos selama berturut-turut pemerintah Mexico City. Dia dianggap cerdik secara politik, serta dekat dengan istri Lopez Obrador, Beatriz Gutierrez.

Meski Lopez Obrado telah menyatakan niat untuk mengangkat Rodriguez sebagai menteri keamanan, secara pribadi dia belum menerimanya. Dia saat ini masih dalam pemulihan dari Covid-19.

Ketika Rodriguez menyatakan bersedia dengan jabatan barunya, tugas berat dan menakutkan sudah menanti.

Ahli keamanan di National Autonomous University of Mexico, Raul Benitez percaya bahwa memiliki seorang perempuan yang bertanggung jawab dapat memberi lebih banyak pengaruh dalam menangani meningkatnya femisida atau pembunuhan wanita berbasis gender.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA