Sabtu 31 Oct 2020 14:23 WIB

Presiden Meksiko Tunjuk Menteri Keamanan Perempuan Pertama

Rosa Icela Rodriguez akan memimpin Kementerian Keamanan Meksiko.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Rosa Icela Rodriguez
Foto: forbes
Rosa Icela Rodriguez

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador menunjuk Rosa Icela Rodriguez untuk memimpin Kementerian Keamanan, Jumat (30/10). Dia menjadi sosok perempuan pertama yang menempati jabatan tersebut.

Lopez Obrador mengatakan dia ingin menginginkan sekutu politik  yang saat ini bertanggung jawab atas pelabuhan Meksiko menjadi menteri keamanan. Rodriguez akan menggantikan Menteri Keamanan yang saat ini sedang menjabat, Alfonso Durazo.

Baca Juga

Sebelum memimpin pelabuhan pada Juli, Rodriguez adalah Menteri Dalam Negeri Mexico City di bawah Walikota Claudia Sheinbaum. Dia mendapatkan pujian karena menjaga ketertiban ketika ibu kota dan harus mengatasi pembatasan terhadap virus corona pada musim semi ini.

Mantan jurnalis itu memotong administrasi publik di berbagai pos selama berturut-turut pemerintah Mexico City. Dia dianggap cerdik secara politik, serta dekat dengan istri Lopez Obrador, Beatriz Gutierrez.

Meski Lopez Obrado telah menyatakan niat untuk mengangkat Rodriguez sebagai menteri keamanan, secara pribadi dia belum menerimanya. Dia saat ini masih dalam pemulihan dari Covid-19.

Ketika Rodriguez menyatakan bersedia dengan jabatan barunya, tugas berat dan menakutkan sudah menanti.

Ahli keamanan di National Autonomous University of Mexico, Raul Benitez percaya bahwa memiliki seorang perempuan yang bertanggung jawab dapat memberi lebih banyak pengaruh dalam menangani meningkatnya femisida atau pembunuhan wanita berbasis gender.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement