Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Shannen Doherty Ubah Stigma Kanker Payudara Stadium 4

Sabtu 31 Oct 2020 13:14 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Shannen Doherty idap kanker payudara stadium empat.

Shannen Doherty idap kanker payudara stadium empat.

Foto: EPA
Shannen Doherty tengah berjuang melawan kanker payudara stadium 4.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Hollywood Shannen Doherty ingin mengubah stigma orang terkait penyakit kanker payudaranya yang sudah masuk stadium empat. Menurut bintang Beverly Hills, 90210 itu, penyakit stadium akhir tidak lantas membuat penderita tidak mampu lagi berbuat apa pun, bahkan aktris 49 tahun itu mengaku masih bisa tetap produktif.

“Saya ingin orang-orang tidak menganggap stadium 4 itu membuat mereka tidak bisa bergerak, tak bisa pergi ke rumah sakit, dan tidak bisa bekerja," katanya kepada pembawa acara sekaligus kawan lamanya, Sarah Michelle Gellar, dalam wawancara dengan Entertainment Tonight, dilansir laman People, Sabtu (31/10).

Sebagai pengidap kanker, menurut Doherty, kuncinya juga adalah terus merasa bahagia dan percaya diri. Hormon bahagia bisa membantu mendukung pikiran maupun aktivitas setiap harinya.

Tidak lupa bersyukur dan berdoa juga disebutnya membantu seseorang lebih positif. Sebagai pejuang kanker payudara stadium akhir, Doherty merasa tubuhnya cukup sehat dan kuat. Stadium akhir tidak berarti membuat orang cepat meninggal.

"Menyangkal asumsi orang adalah bagian dari alasan saya memutuskan untuk berbagi kepada publik sejak Februari bahwa kanker payudara saya kambuh dan sudah stadium 4. Saya berbagi agar bisa memberikan persepsi yang berbeda untuk semua ini,” ujarnya.

Doherty juga mengaku sering meminta orang-orang mendoakannya, akan tetapi bukan itu yang terpenting. Justru diri sendirilah motivator terbaik untuk senantiasa menerima.

“Ada saatnya ketika Anda seperti, 'Saya mengerti. Saya baik-baik saja. Saya baik-baik saja. Ada banyak orang di dunia ini yang bisa memanjatkan doa dan saya merasa hebat. Saya memiliki tim medis yang luar biasa di belakang saya dan banyak hal hebat lainnya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA