Sabtu 31 Oct 2020 12:52 WIB

Fitur Samsung SmartThings Find Bantu Temukan Gadget Hilang

Alat SmartThings Find sangat mirip dengan aplikasi Find My Apple.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Samsung Galaxy S20 Fan Edition.
Foto: gsm arena
Samsung Galaxy S20 Fan Edition.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Samsung meluncurkan layanan SmartThings Find baru. Layanan ini dirancang untuk membantu pemilik perangkat Galaxy menemukan gadget yang hilang.

Teknologi baru, berdasarkan Bluetooth LE (BLE) dan ultra wideband wireless, dapat memudahkan untuk melacak smartphone, tablet, jam tangan pintar dan earbuds Galaxy yang hilang.

Baca Juga

Samsung mengatakan fitur SmartThings Find bahkan dapat memungkinkan pemilik perangkat untuk membantu orang lain melacak perangkat mereka, bahkan jika perangkat hilang tersebut sedang offline. Perusahaan menjelaskan sinyal BLE yang dipancarkan oleh perangkat offline dapat ditangkap oleh orang lain dalam jarak yang didukung.

“Setelah perangkat offline selama 30 menit, perangkat menghasilkan sinyal BLE yang bisa diterima oleh perangkat lain. Jika Anda melaporkan perangkat anda yang hilang melalui SmartThings Find, smartphone atau tablet Galaxy terdekat yang telah memilih untuk membantu menemukan perangkat. Perangkat yang salah tempat dapat memberi tahu server Samsung tentang lokasinya, yang pada gilirannya akan memberitahu Anda,” ujar Samsung menjelaskan dalam siaran pers, dilansir dari Trusted and Reviews, Sabtu (31/10).

“Semua data pengguna SmartThings Find dienkripsi dan dilindungi dengan aman, memastikan lokasi perangkat tidak diungkapkan pada siapa pun kecuali pemiliknya,” kata perusahaan.

Selain itu, alat SmartThings Find sangat mirip dengan aplikasi Find My Apple. Setelah mendaftar, pengguna akan bisa melihat lokasi yang tepat dari perangkat di live map.

Mereka dapat memilih untuk menelpon perangkat yang hilang untuk membantu penemuannya. Ada juga fitur AR-based Search Nearby yang akan menampilkan indikator berkode warna untuk memberitahu pengguna saat mereka semakin dekat dengan produk yang hilang.

Layanan SmartThings Find akan membantu Anda mengamankan lebih banyak perangkat Galaxy Anda melalui aplikasi SmartThings yang mudah digunakan.

Setelah beberapa bulan pengujian, fitur tersebut hadir di aplikasi SmartThings pada Jumat (30/10) untuk ponsel dan tablet Galaxy yang menjalankan Android 8 dan lebih tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement