Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

iPhone Miliki Sistem Deteksi Keberadaan dan Jarak Orang Lain

Sabtu 31 Oct 2020 12:35 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Iphone dengan iOS 14.

Iphone dengan iOS 14.

Foto: renan store
Fitur deteksi orang mungkin akan berguna bagi orang dengan gangguan penglihatan.

REPUBLIKA.CO.ID, CUPERTINO -- Apple mengemas fitur aksesibilitas baru yang menarik ke dalam versi beta iOS. Sistem itu bisa mendeteksi keberadaan dan jarak dengan orang-orang dalam tampilan kamera iPhone. Dengan fitur ini, pengguna tunanetra dapat bersosialisasi secara efektif.

Fitur tersebut muncul dari ARKit Apple. Perusahaan mengembangkan “oklusi orang”, yang mendeteksi bentuk orang dan memungkinkan benda virtual lewat di depan dan di belakang mereka.

Fitur dikombinasikan dengan pengukuran jarak akurat yang disediakan oleh unit LiDAR pada iPhone 12 Pro dan Pro Max, dapat menjadi alat yang sangat berguna bagi siapa saja yang memiliki gangguan penglihatan.

Dilansir dari Techcrunch, Sabtu (31/10), fitur baru, yang akan menjadi bagian dari aplikasi Magnifier, menggunakan LiDAR dan kamera wide angle camera Pro dan Pro Max, serta memberikan umpan balik pada pengguna dalam berbagai cara.

Pertama, memberi tahu pengguna apakah ada orang yang dilihat atau tidak. Jika seseorang ada di sana, fitur akan mengatakan seberapa jauh orang terdekat dalam kaki atau meter dan memperbarui secara teratur saat mereka mendekat atau bergerak lebih jauh. Suara dalam stereo sesuai dengan arah pandangan kamera orang tersebut.

Kedua, memungkinkan pengguna untuk mengatur nada yang sesuai dengan jarak tertentu. Misalnya, jika mereka menyetel jarak pada enam kaki, mereka akan mendengar satu nada apabila seseorang lebih dari enam kaki jauhnya. Ada nada lain jika mereka berada dalam kisaran itu.

Ketiga, mungkin lebih berguna bagi orang yang memiliki gangguan penglihatan dan pendengaran. Yakni denyut nadi yang bergerak lebih cepat saat seseorang semakin dekat.

Terakhir adalah fitur visual untuk orang-orang yang membutuhkan sedikit bantuan untuk memahami dunia di sekitar mereka, yaitu sebuah panah yang menunjuk ke orang yang terdeteksi di layar.

Sistem memerlukan gambar yang layak pada wide angle camera, sehingga tidak akan berfungsi dalam kegelapan pekat. Deteksi orang tersedia untuk iPhone 12 Pro dan Pro Max yang menjalankan kandidat rilis iOS 14.2.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA