Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Jakarta Juara, Anies Ingin Tingkatkan Layanan Transportasi

Sabtu 31 Oct 2020 12:33 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Erik Purnama Putra

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (kiri) menjajal bus listrik yang akan dioperasikan PT Transjakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (kiri) menjajal bus listrik yang akan dioperasikan PT Transjakarta.

Foto: Antara/Aprillio Akbar
ITDP beri penghargaan Jakarta yang kalahkan Frankfurt, Moskow, hingga San Francisso.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DKI Jakarta memenangkan penghargaan Sustainable Transport Award (STA) 2021 atas program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus dikembangkan. Hal itu membuat Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan STA dan mengalahkan kota-kota besar dunia, setelah pada tahun lalu menduduki peringkat kedua atau mendapat gelar 'Honorable Mention' dalam ajang tersebut.

Adapun penghargaan itu diberikan The Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) yang berbasis di Kota New York, Amerika Serikat. Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyampaikan rasa bangganya terhadap pencapaian Jakarta yang terus melakukan inovasi praktik integrasi angkutan umum.

Anies pun berkomitmen untuk terus mengupayakan sistem transportasi berkelanjutan demi kenyamanan warga. "Ini adalah pengingat bahwa kami harus terus berupaya meningkatkan layanan transportasi yang sudah ada, sehingga kenyamanan warga dalam bertransportasi terjamin," kata Anies dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (31/10).

Anies menuturkan, dalam setahun terakhir, jajaran Pemprov DKI, BUMD, PT Transjakarta, dan pemangku kepentingan lainnya mampu menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi di Ibu Kota. Di antaranya, perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda, revitalisasi halte dan trotoar, penataan fasilitas pejalan kaki di kampung-kampung, dan integrasi berbagai moda transportasi publik.

Menurut Anies, Jakarta terus berinovasi dan berhasil mengalahkan puluhan kota besar dunia lainnya yang turut berpartisipasi dalam ajang tersebut, seperti Auckland (Selandia Baru), Bogota (Kolombia), Buenos Aires (Argentin), Charlotte (Amerika Serikat), Frankfurt (Jerman), Moskow (Rusia), San Francisco (Amerika Serikat), dan Sao Paulo (Brasil).

"STA 2021 ini adalah kemenangan warga Jakarta, tak lepas dari kolaborasi dengan warga, pegiat transportasi untuk desain wayfinding, inovasi bus listrik, dan mikrotrans AC. Peningkatan pesat jumlah pengguna transportasi publik Jakarta bahkan sempat mencapai rekor baru 1 juta pelanggan harian TransJakarta pada Februari lalu sebelum pandemi," ungkap Anies.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA