Sabtu 31 Oct 2020 11:58 WIB

'Klaim Cinta Rasulullah SAW, Kita Wajib Idolakan Beliau'

Cinta Rasulullah SAW harus dibuktikan dengan meneladaninya.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Cinta Rasulullah SAW harus dibuktikan dengan meneladaninya.  Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Cinta Rasulullah SAW harus dibuktikan dengan meneladaninya. Rasulullah SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Tidak dapat dimungkiri bahwa Nabi Muhammad saw adalah orang paling sukses dalam memimpin politik dunia dibandingkan dengan pemimpin-pemimpin politik besar dunia lainnya. Hal ini diakui pula oleh orang kafir yang menolak risalahnya.  

"Oleh karena itu, sangat aneh jika ada yang mengaku umat Nabi Muhammad SAW tapi mengagumi, mengikuti, dan meneladani kepemipinan politik yang lain," kata pemimpin Pesantren Tahfizh Mutiara Darul Quran Bandung, Ustadz Teguh Turwanto, saat menyampaikan tausiyah virtualnya dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad, Kamis (29/10). 

Baca Juga

Alquran menegaskan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah teladan dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam hal kepemimpinan politik. Firman Allah SWT QS al-Ahzab ayat 21: لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ "Sesungguhnya dalam diri Rasulullah saw itu terdapat suri teladan yang baik."

Imam Ibnu Katsir, dalam menafsirkan surat an-Nisa’ ayat 65 menyatakan, “Allah SWT bersumpah dengan mengatasnamakan diri-Nya sendiri yang Mahamulia dan Mahasuci, sesungguhnya seseorang belumlah beriman secara sempurna sehingga dia berhakim kepada Rasullah SAW dalam segala urusan. Semua yang Rasulullah SAW putuskan merupakan kebenaran yang wajib diikuti baik lahir dan batin.”

 

Oleh kerana itu, Allah SWT berfirman (tsumma laa yajiduu fii anfusihim harajan mimmaa qadlaita wa yusallimuu tasliimaa) yang bermaksud jika mereka telah berhakim kepadamu (Muhammad), mereka wajib mentaatimu (mentaati keputusan yang dibuat oleh Nabi SAW) dalam batin-batin mereka; dan mereka tidak ragu-ragu dalam diri mereka atas apa yang telah kamu putuskan dan lalu mengikutinya (keputusan Nabi SAW tersebut) baik lahir maupun batin. 

Kemudian, mereka berserah diri kepada itu (keputusan Nabi SAW), dengan penyerahan diri yang bersifat utuh, tanpa ada penolakan sedikit pun dan tanpa ada penyelisihan sedikitpun, sebagaimana disebutkan dalam hadits sahih, Nabi SAW bersabda, “Demi Zat yang jiwaku ada di tanganNya, sesungguhnya seseorang di antara kalian belumlah beriman hingga hawa nafsunya tunduk dengan apa yang aku bawa.” [Imam Ibnu Katsir, Tafsiir al-Quran al-’Adziim, Juz 2/349].”

Dari ayat ini, jelaslah Nabi SAW memimpin negara tidak dengan hawa nafsunya tapi berdasarkan wahyu yaitu hukum Allah SWT. Jadi jelaslah bahwa Nabi SAW tidak hanya menjadi contoh teladan bagaimana cara sholat, puasa, dan ibadah ritual lainnya. Tapi juga menjadi contoh teladan dalam hal-hal duniawi seperti ekonomi, politik, memimpin dan mengatur negara, dan tentunya dengan syariah Islam. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement