Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Lima Kesalahan dalam Pencegahan Demam Berdarah Dengue

Sabtu 31 Oct 2020 12:10 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Nyamuk demam berdarah. Ada beberapa kesalahan yang jamak diperbuat orang dalam mencegah demam berdarah dengue.

Nyamuk demam berdarah. Ada beberapa kesalahan yang jamak diperbuat orang dalam mencegah demam berdarah dengue.

Foto: AP
Kesalahan dalam pencegahan DBD di sekitar rumah tingkatkan risiko penyakit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Demam berdarah dengue masih menjadi ancaman di tengah pandemi Covid-19. Jika ingin menjaga diri dan keluarga tetap aman dari risiko DBD, terutama pada masa Covid 19, ketahuilah lima kesalahan pencegahan di sekitar rumah yang harus dihindari.

Genangan air
Seperti dilansir Times Now News, genangan air bisa menjadi salah satu penyebab paling umum perkembangbiakan nyamuk demam berdarah di dalam rumah. Nyamuk yang membawa penyakit demam berdarah tidak selalu berkembang biak di air kotor, tapi juga dapat berkembang biak di air yang bersih dan tergenang.

Direkomendasikan untuk membersihkan wadah seperti pendingin air dan pendingin udara yang sering menyimpan air. Meskipun Anda perlu menyimpan air, usahakan tetap tertutup dan gunakan secepat mungkin.

Menjaga pintu dan jendela tetap terbuka di malam hari
Meskipun setiap orang harus menikmati sinar matahari dan juga mengandalkan pencahayaan dari mentari pada siang hari, penting untuk memastikan bahwa Anda menutup semua jendela dan pintu pada saat malam. Nyamuk cenderung berkumpul di rumah pada malam hari. Nyamuk pembawa demam berdarah pun beraksi di siang hari jadi tetaplah waspada.

Tidak ada pencegahan yang dilakukan di dalam ruangan
Banyak orang melakukan berbagai langkah pencegahan, seperti mengenakan pakaian berlengan panjang di luar ruangan, tetapi menghindarinya di dalam ruangan. Gagasan umum bahwa nyamuk yang berada di dalam ruangan tidak akan menyebabkan penyakit tidak masuk akal. Gunakan pengusir nyamuk seperti roll-on atau semprotan, untuk mencegah gigitan nyamuk, bahkan saat Anda berada di dalam ruangan.

Kondisi tidak higienis
Serangga seperti nyamuk, kecoak, dan lainnya yang membawa penyakit tertarik pada kondisi yang tidak higienis. Beberapa orang mengambil semua tindakan pencegahan, tetapi tidak membersihkan rumah mereka dengan benar. Anda harus memastikan bahwa rumah didisinfeksi dengan benar setiap beberapa bulan untuk mencegah risiko penyakit.

Tidak menganggap serius gejala
Banyak orang tidak menganggap serius gejala penyakit apa pun dan menyalahkan cuaca. Banyak juga yang mencari kemungkinan penyakitnya di internet dan mengobati dirinya sendiri.

Semua hal ini bisa berbahaya dan diagnosis yang tertunda bahkan bisa berakibat fatal. Konsultasikan dengan dokter jika Anda melihat gejala suatu penyakit dan ikuti anjuran dokter.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA