Monday, 8 Rabiul Akhir 1442 / 23 November 2020

Monday, 8 Rabiul Akhir 1442 / 23 November 2020

Bikin Stasiun TV, Telkom Diminta Promosikan Wisata Indonesia

Sabtu 31 Oct 2020 04:07 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha

Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melakukan soft launching dan menyaksikan penayangan perdana kanal berita berbahasa Inggris, Southeast Asia Today atau SEA Today di Jakarta, Rabu (28/10).

Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melakukan soft launching dan menyaksikan penayangan perdana kanal berita berbahasa Inggris, Southeast Asia Today atau SEA Today di Jakarta, Rabu (28/10).

Foto: Dok. Sea Today
Diharapkan kanal ini jadi perpanjangan informasi mengenai budaya Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengapresiasi peluncuran saluran televisi berita SEA Today oleh BUMN PT Telkom. Ia mendorong agar televisi terbaru besutan BUMN itu membantu pemerintah dalam memberitakan dan mempromosikan pariwisata nasional.

“SEA Today bisa menjadi sarana mempromosikan Indonesia (terutama) pariwisatanya dan ekonomi kreatifnya dengan cara yang kekinian,” kata Wishnutama dalam keterangan resmi diterima Republika.co.id, Jumat (30/10).

Wishnutama mengatakan, SEA Today diharapkan mampu menyampaikan informasi-informasi yang baik mengenai Indonesia ke masyarakat di kawasan Asia Tenggara dan juga dunia internasional. “Diharapkan kanal ini dapat menjadi perpanjangan informasi mengenai potensi alam, budaya, dan ekonomi kreatif yang dapat menarik minat wisatawan hingga investor asing. Tantangannya ke depan adalah bagaimana kita mengemas materi tersebut menjadi sebuah konten komunikasi yang menarik untuk disampaikan,” katanya.

Menurut Wishnutama, Indonesia tidak hanya memiliki kekayaan dan keindahan alam serta keanekaragaman budaya yang dapat dipromosikan oleh SEA Today. Indonesia juga memiliki keanekaragaman di berbagai subsektor lainnya dari pariwisata dan ekonomi kreatif, seperti di sisi kuliner.

“Jajanan pasar Indonesia saja kalau kita kemas baik  bisa menjadi konten yang sangat menarik.,” ungkap Wishnutama. 

Menteri BUMN Erick Thohir menambahkan SEA Today diharapkan bisa menjadi media yang dapat menyebarkan dan membangun citra positif Indonesia di mata dunia. “Media yang baik adalah media yang bisa memberikan inspirasi dan persepsi yang baik, terutama meningkatkan citra Indonesia di mata dunia,” ujar Erick Thohir.

Selain itu, Erick juga berharap SEA Today dapat menjadi jalan bagi kaum milenial di Tanah Air untuk berkarya, berinovasi, dan berkreasi. “Sudah saatnya kita dipandang dunia, sudah saatnya kita bangkit, seperti para pemuda yang bangkit menyatukan Indonesia pada 28 Oktober 1928,” ujarnya.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan pembangunan studio SEA Today direncanakan akan rampung pada akhir kuartal pertama 2021. Selain itu, Ririek menuturkan SEA Today direncanakan akan didistribusikan ke mancanegara melalui kemitraan dengan media internasional.

“Rencananya SEA Today akan kami tayangkan di 10 negara, beberapa di antaranya adalah Amerika Serikat, Inggris dan Korea Selatan,” ucapnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA