Jumat 30 Oct 2020 10:10 WIB

Beberapa Ruas Jalan Kota Malang Ditutup Sampai 20 Desember

Penutupan beberapa ruas jalan dikarenakan adanya pembangunan kawasan Malang Heritage.

Rep: Wilda Fizriyani / Red: Agus Yulianto
Suasana lengang di Jalan Basuki Rahmat, Malang, Jawa Timur.
Foto: ANTARA/ari bowo sucipto
Suasana lengang di Jalan Basuki Rahmat, Malang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang melaporkan sejumlah ruas jalan akan ditutup mulai Senin (2/11). Sosialisasi dan pengumuman penutupan ini telah dimulai sejak Jumat (30/10) agar diketahui pengguna jalan.

Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto mengatakan, penutupan beberapa ruas jalan di Kota Malang disebabkan adanya pembangunan kawasan Malang Heritage Zona I (depan PLN) dan Zona II (simpang Rajabali). Pembangunan ini akan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur (Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Jawa Timur). 

"Maka, akan dilakukan penutupan di beberapa ruas jalan dan rekayasa pengalihan arus lalu lintas," ucapnya saat dikonfirmasi Republika, Jumat (30/10).

Adapun titik jalan yang ditutup antara lain di simpang tiga Jalan Brigjen Slamet Riadi, Oro-oro Dowo, Klojen. Pengguna jalan ini diminta untuk mengarahkan kendaraannya ke kanan menuju Jalan Bromo. Akses ke Indocell dan toko-toko di sekitarnya masih bisa akses masyarakat sedangkan area depan kantor kursus mengemudi Natuna ditutup total. 

Selanjutnya, area simpang antara Jalan Bromo dan Semeru depan Pizza Hut juga ditutup. Pengguna jalan di area tersebut  dialihkan ke Jalan Bromo. "Akses ke Pizza Hut, Lailai, dan lain-lain masih bisa. Ditutup total 500 meter dari simpang Rajabali," ungkapnya.

Pengguna jalan dari arah AR Hakim  (Talun) tidak bisa belok kiri ke Jalan Basuki Rahmat. Dengan demikian, pengguna diarahkan lurus ke Jalan Merdeka Utara, tetapi untuk akses ke pertokoan sepanjang Jalan Basuki Rahmat masih bisa diakses. Penutupan total terjadi di depan Bank BNI 46.

"Lalu dari arah Jalan MGR Sugiyopranoto bisa ke Jalan Majapahit dan Jalan Basuki Rahmat arah ke Selatan, tidak bisa ke utara," ungkapnya.

Arah Jalan Kahuripan depan Kodim 0833 menuju simpang Rajabali juga ditutup. Pengendara dari area tersebut dialihkan ke Jalan Tumapel dan Jalan Belakang RSU. Akses ke Travel Haryono dan BCA masih bisa karena penutupan totalnya di samping BCA.

Penutupan juga terjadi dari arah Jalan Jaksa Agung Suprapto, area simpang tiga Denkesyah. Pengguna jalan nantinya akan diarahkan ke Jalan Patimura. Adapun Jalan Jaksa Atung Suprapto sisi barat masih dibuka untuk akses ke Polresta hingga Avian.

"Penutupan dan rekayasa lalu lintas akan dilakukan selama masa pembangunan sampai 20 desember 2020," ucap Handi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement