Jumat 30 Oct 2020 07:18 WIB

AS Cegah Ngozo Okonjo-Iweala Jadi Ketua WTO Afrika Pertama

AS menginginkan kandidat dari Korsel yang memimpin WTO.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
WTO
Foto: flickr
WTO

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Penunjukan mantan menteri keuangan Nigeria, Ngozi Okonjo-Iweala, untuk memimpin Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dipertanyakan setelah adanya kecaman dari Amerika Serikat (AS). Seperti dilansir dari BBC, pada Rabu (28/10), Komite Nominasi WTO merekomendasikan Ngozi Okonjo-Iweala untuk memimpin kelompok yang terdiri dari 164 anggota.

Okonjo-Iweala akan menjadi wanita pertama dan orang Afrika pertama yang bakal memimpin WTO. Tetapi AS, yang kritis terhadap penanganan WTO terhadap perdagangan global, menginginkan wanita lain. Yoo Myung-hee dari Korea Selatan, dinilai AS lebih mampu mereformasi institusi WTO.

Baca Juga

Sementara itu, Okonjo-Iweala mengatakan sangat merasa rendah hati untuk dinominasikan oleh komite. Proses seleksi empat bulan untuk menemukan direktur jenderal WTO berikutnya menemui hambatan ketika Washington mengatakan akan terus mendukung menteri perdagangan Korea Selatan.

Dalam sebuah pernyataan kritis terhadap WTO, Kantor Perwakilan Dagang AS, mengatakan organisasi itu harus dipimpin oleh seseorang dengan pengalaman nyata dan langsung di lapangan. AS menilai, Yoo telah 'membedakan dirinya' sebagai ahli perdagangan dan memiliki semua keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin organisasi yang efektif.

"Ini adalah masa yang sangat sulit bagi WTO dan perdagangan internasional. Tidak ada negosiasi tarif multilateral dalam 25 tahun, sistem penyelesaian sengketa menjadi tidak terkendali, dan terlalu sedikit anggota yang memenuhi kewajiban transparansi dasar. WTO adalah sangat membutuhkan reformasi besar," kata pernyataan AS dilansir dari BBC, Jumat (30/10).

Sebelumnya pada hari Rabu kemarin, setelah pertemuan delegasi WTO untuk membahas penunjukan itu, juru bicara WTO, Keith Rockwell mengatakan hanya satu negara anggota yang tidak mendukung Okonjo-Iweala.

"Semua delegasi yang menyampaikan pandangan mereka hari ini menyatakan dukungan yang sangat kuat untuk proses dan hasilnya. Kecuali satu," katanya.

WTO telah mengadakan pertemuan pada 9 November - setelah pemilihan presiden AS - untuk membahas masalah tersebut. Oposisi AS tidak berarti Nigeria tidak dapat ditunjuk, tetapi Washington dapat memiliki pengaruh yang cukup besar atas keputusan akhir.

Rockwell mengatakan kepada wartawan kemungkinan akan ada aktivitas hiruk pikuk untuk mengamankan konsensus untuk penunjukan Okonjo-Iweala. Dia mendapat dukungan dari Uni Eropa.

Kekosongan kepemimpinan tercipta setelah mantan ketua WTO Roberto Azevedo mengundurkan diri satu tahun pada awal Agustus. WTO saat ini dipimpin oleh empat deputi.

Okonjo-Iweala, 66 tahun, telah menjabat sebagai menteri keuangan dan luar negeri wanita pertama di negaranya dan memiliki karir 25 tahun sebagai ekonom pembangunan di Bank Dunia.

Dia juga menjabat di dewan direksi Twitter, sebagai ketua aliansi vaksin GAVI dan sebagai utusan khusus untuk perang Covid-19 Organisasi Kesehatan Dunia.

Jika Okonjo-Iweala akhirnya diangkat, dia akan memiliki nampan penuh. WTO sudah bergulat dengan pembicaraan perdagangan yang macet dan ketegangan antara AS dan China.

Awal bulan ini dia mengatakan bahwa pengalamannya yang luas dalam memperjuangkan reformasi menjadikannya orang yang tepat untuk membantu mengembalikan WTO ke jalurnya. "Saya adalah kandidat reformasi dan saya pikir WTO membutuhkan kredensial dan keterampilan reformasi sekarang," kata Okonjo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement