Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

AP II Catat Rekor Trafik Penerbangan Harian Tertinggi

Jumat 30 Oct 2020 06:10 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin

Foto: Republika TV
AP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) mencatat trafik penerbangan harian tertinggi saat masa pandemi Covid-19 pada 28 Oktober 2020. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pada tanggal tersebut jumlah penumpang pesawat di 19 bandara perseroan tercatat 110.530 orang dengan 1.069 penerbangan.

“Angka ini melebihi catatan tertinggi sebelumnya pada 23 Agustus 2020 yakni sekitar 95 ribu orang penumpang pesawat dengan 1.045 penerbangan,” kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (30/10).

Dia menambahkan, khusus di Bandara Soekarno-Hatta jumlah penumpang pada 28 Oktober 2020 mencapai 64.021 orang dengan 644 penerbangan. Angka tersebut juga merupakan angka tertinggi bagi Bandara Soekarno-Hatta di tengah pandemi.

Awaluddin memastikan, ramainya lalu lintas penerbangan pada 28 Oktober dapat ditangani dengan baik oleh perseroan dan stakeholders di 19 bandara yang dikelola. “Penerbangan berjalan lancar, pelayanan sesuai standar, dan protokol kesehatan tetap berjalan baik,” tutur Awaluddin.

Dia menilai, tingginya jumlah penumpang pesawat tersebutmenandakan bahwa masyarakat tidak ragu untuk naik pesawat di tengah pandemi. Terlebih, Awaluddin mengatakan AP II dan stakeholders berkolaborasi penuh menerapkan protokol kesehatan yang salah satunya diimplementasikan melalui konsep Biosafety dan Biosecurity Management.

“Ini mengindikasikan kepercayaan masyarakat sudah membaik khususnya di bandara-bandara AP II sejalan dengan protokol kesehatan yang dijalankan ketat dan disiplin,” jelas Awaluddin.

Awaluddin optimistis dengan tren lalu lintas penerbangan saat ini maka nantinya ketika Indonesia sudah memulai program vaksinasi terkait Covid-19 dapat lebih baik. Dia yakin penerbangan rute domestik akan semakin pulih lebih cepat sejalan dengan keyakinan yang meningkat dari masyarakat terhadap sektor penerbangan nasional.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA