Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

2 Nabi yang Alami Siksaan Yahudi dan Balasan Allah SWT

Jumat 30 Oct 2020 05:55 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Terdapat dua nabi yang mendapat siksaan Yahudi selama dakwah mereka. Ilustrasi dakwah Nabi Dawud dan Nabi Isa kepada Yahudi Bani Israel

Terdapat dua nabi yang mendapat siksaan Yahudi selama dakwah mereka. Ilustrasi dakwah Nabi Dawud dan Nabi Isa kepada Yahudi Bani Israel

Foto: Pixabay
Terdapat dua nabi yang mendapat siksaan Yahudi selama dakwah mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Dalam Alquran dijelaskan bahwa di antara semua Nabi Bani Israel, adalah Nabi Dawud AS dan Nabi Isa AS yang tergolong paling menderita di tangan orang-orang Yahudi. 

Penganiayaan orang-orang Yahudi terhadap Nabi Isa AS mencapai puncaknya ketika terjadi aksi penyaliban. Penderitaan yang sama menyedihkannya juga dialami oleh Nabi Dawud AS karena mereka tidak tahu berterima kasih. Simaklah, hal itu akan terpantul di dalam mazmurnya yang sangat menyayat hati.  

Dengan penuh kepedihan, Nabi Dwaud dan Nabi Isa mengutuk mereka. Kutukan Nabi Dawud mengakibatkan orang-orang Bani Israel dihukum Nebukadnezar, yang menghancurleburkan Yerussalem dan membawa bangsa Israel sebagai tawanan pada 556 SM. 

Baca Juga

Dan, akibat kutukan Nabi Isa, Israel diluluhlantakkan Titus, yang menaklukkan Yerusalem sekitar tahun 70 Masehi, dan menodai rumah ibadah dengan menyembelih babi, binatang yang sangat dibenci orang-orang Yahudi, di dalamnya.  

Bahkan, dari sebanyak 32 buah pecahan istilah la’nat/kutuk dalam Alquran, yang pertama-tama menjadi objek kutukan atau pelaknatan adalah bangsa Israel. 

Kitab Al-Mu’jamum Mufahros Li Alfaadzil Qur’an, menyebut ayat (78) surat Al-Maidah yang berbunyi:لُعِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ Lu’inal ladzinna kafaruu min banii israa-iil …"Telah dilaknat orang-orang kafir dari Bani Israel."

Jadi, kutukan Dawud AS itu, antara lain dapat ditemukan dalam Mazmur 53-78 dan 109, sementara kutukan Nabi Isa dapat ditemukan di banyak tempat dalam kitab Perjanjian Baru. 

Petikan ayat dalam surat Al-Maidah tersebut menunjukkan betapa Bangsa Israel memang sudah menjadi bahan cercaan, kutukan, dan laknatan sejak dahulu kala, jauh sebelum lahirnya peradaban modern. 

Mereka juga termasuk bangsa yang paling sering berhubungan dengan Tuhan, bukan apa-apa, tapi karena suka menumpahkan darah dan merusak tatanan kehidupan serta penistaan terhadap kesucian firman-Nya. Bukti lainnya, adalah bahwa tidak ada satu pun ayat dalam Alquran yang secara denotatif menyebut bangsa yang dikutuk selain nama Israel. 

Bahkan, tak kurang dari sebanyak 43 kali nama Israel juga disebut-sebut dalam Alquran. Alangkah seringnya. Diawali dengan ayat (40) surat Al-Baqarah, ketika Allah mengingatkan Bani Israel agar menyukuri nikmat-Nya karena kelebihan yang mereka miliki, hingga yang terakhir di ayat (14) surat As-Shaff, yang menjelaskan betapa bangsa tersebut telah menjelma sebagi kelompok pengkhianat. Bani Israel pulalah yang berkali-kali mengikat perjanjian dengan Tuhan, tetapi setiap kali berikrar setiap kali itu pula mereka mengkhianatinya.

*Naskah bagian artikel KH Hasyim Muzadi yang tayang di Harian Republika.

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA