Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Pimpinan MPR Imbau Masyarakat tak Perlu Takut Divaksin

Kamis 29 Oct 2020 22:26 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Wakil Ketua MPR Dr. H. Sjarifuddin Hasan, MM, MBA mengatakan bahwa pandemi Covid-19 makin menyengsarakan rakyat terutama mengancam kesehatan. Ia pun mengimbau masyarakat tidak takut akan vaksin Covid-19

Wakil Ketua MPR Dr. H. Sjarifuddin Hasan, MM, MBA mengatakan bahwa pandemi Covid-19 makin menyengsarakan rakyat terutama mengancam kesehatan. Ia pun mengimbau masyarakat tidak takut akan vaksin Covid-19

Foto: MPR
Pimpinan MPR Syarief Hasan meminta masyarakat tak takut vaksinasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Wakil Ketua MPR Dr. H. Sjarifuddin Hasan, MM, MBA mengatakan bahwa pandemi Covid-19 makin menyengsarakan rakyat terutama mengancam kesehatan.  Berpegang kepada amanah UUD NRI Tahun 1945 Pasal 28H ayat (1) yang menyebutkan bahwa setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan, pemerintah mesti melakukan upaya-upaya luarbiasa untuk menjamin itu.  Salah satu bentuknya dengan mengadakan vaksin virus Corona.

"Kabar yang saya terima di awal tahun 2021 vaksin sudah ada dan langsung didistribusikan.  Tapi, ada juga informasi yang mengatakan di akhir 2020 vaksin tahap pertama sudah siap. Secepatnya saya kira lebih bagus.  Untuk masyarakat, jika sudah tersedia, saya imbau jangan takut lakukan vaksinasi.  Sebab ini demi keselamatan kita semua juga," katanya, usai menghadiri acara Seminar Nasional Kebangsaan MPR RI, di kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10).

Pimpinan MPR dari partai Demokrat yang biasa disapa Syarief Hasan ini, mengatakan vaksin sangat diperlukan sebagai langkah upaya pertahanan diri dari serbuan virus yang tidak jelas kapan berakhirnya. "Yang saya khawatirkan, jika tidak ada vaksin maka akan lebih memperburuk situasi.  Kita hari demi hari menjadi semakin was-was.  Sementara itu, korban terus berjatuhan. Ketika itu dibiarkan terjadi, penanganannya akan jauh lebih sulit nanti," ujarnya.

Dengan pemberian vaksin, lanjut Syarief Hasan, mudah-mudahan akan terhindar dari virus.  Walaupun ada yang meragukan bahkan tidak percaya keampuhannya, setidaknya ada solusi yang nyata dalam penanganan pandemi ini.  "Saya rasa kita semua perlu memberikan kesempatan kepada upaya pemerintah itu," ujarnya

Namun, Syarief Hasan sangat memaklumi jika ada sebagian masyarakat yang takut. "Saya kira wajar. Menurut saya itu bukan ketakutan tapi hanya khawatir saja.  Tapi, jangan juga perasaan masyarakat itu dibiarkan saja.  Kalau saya amati, masyarakat hanya butuh pemahaman yang jelas seputar vaksin, manfaat dan dampak-dampaknya buat mereka," tutur dia menambahkan.

Untuk itu, Syarief Hasan berharap agar pemerintah gencar melakukan sosialisasi dengan berbagai bentuk yang tentunya mudah dicerna masyarakat terutama rakyat kecil.  Yang paling penting, ketika vaksin disebarkan harus dengan biaya yang terjangkau seluruh lapisan masyarakat. 

"Kalau perlu digratiskan saja sekalian. Jika memang tidak memungkinkan gratis atau murah, dilakukan subsidi silang. Intinya, jangan sampai membebani rakyat kecil yang keadaannya sudah sangat terpuruk," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler