Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Ritual Ini Bantu Ciptakan Kebiasaan Makan Sehat

Kamis 29 Oct 2020 22:02 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Persiapan makanan menjadi salah satu faktor penting untuk menciptakan kebiasaan makan sehat.

Persiapan makanan menjadi salah satu faktor penting untuk menciptakan kebiasaan makan sehat.

Foto: www.freepik.com
Pilih makanan dan minuman bergizi yang Anda sukai untuk memulai hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan sehat erat kaitannya dengan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Ahli diet, LeeAnn Weintraub, mengatakan membiasakan ritual makan yang positif dapat memunculkan pendekatan yang lebih berkelanjutan untuk kesehatan dan umur panjang yang lebih baik.

Seperti dilansir di laman Daily News, Kamis (29/10), salah satu definisi dari kata 'ritual' adalah tindakan atau rangkaian tindakan yang secara teratur diulang dengan cara tepat. Anda dapat membuat ritual makan untuk meningkatkan gizi dan memberikan kemudahan dan tujuan pada pilihan makanan. Lantas bagaimana caranya?

1. Ciptakan ritual seputar bagaimana makanan disiapkan

Kita cenderung lebih fokus pada apa yang dimakan dibandingkan cara menyiapkannya. Persiapan makanan berkaitan dengan teknik memasak seperti memotong, memanggang, dan menumis. Namun, pertimbangkan faktor-faktor lain seperti apakah dimasak sendiri dan bagaimana bahan dan resep dipilih. Orang lebih cenderung makan enak saat menyiapkan makanan mereka sendiri dibandingkan dengan mengonsumsi makanan yang disiapkan di luar rumah. Memilih bahan padat nutrisi dengan hati-hati dan resep seimbang dapat meningkatkan pola makan seseorang secara keseluruhan.

2. Pilih bahan musiman

Masukkan lebih banyak makanan dan hidangan berdasarkan apa yang tersedia saat ini. Makan secara musiman dapat membantu kita terhubung dengan berlalunya waktu, sambil meningkatkan jumlah produk segar yang dikonsumsi.

3. Membiasakan ritual pagi dan malam yang bergizi

Kita sering begitu sibuk sehingga tidak jarang terburu-buru makan atau bahkan melewatkannya sama sekali. Faktanya, jadwal kita yang sibuk setidaknya menjadi salah satu alasan mengapa aktivitas ngemil meningkat. Rutinitas pagi yang mencakup makanan dan hidrasi adalah kebiasaan sehat yang menguntungkan.

Saat memulai hari pada jalur yang benar, niat baik kita lebih mungkin terwujud sepanjang hari. Pilih makanan dan minuman bergizi yang Anda sukai untuk memulai hari bersama dengan ritual perawatan diri lainnya seperti peregangan, meditasi, olahraga, atau jurnal.

4. Libatkan keluarga dan teman

Ritual makan sehat dapat dinikmati bersama dengan orang yang dicintai. Baik itu memasak, memanggang, menyantap makanan, atau melakukan perjalanan ke pasar. Melibatkan orang lain dalam rutinitas Anda dapat membuat pengalaman keseluruhan lebih menyenangkan dan didukung.

5. Ciptakan lingkungan makan yang sehat

Memiliki dapur yang bersih dan teratur akan mempermudah kesuksesan dengan persiapan makan dan rencana memasak Anda. Ini tidak berarti Anda membutuhkan dapur mewah atau semua peralatan dan peralatan kuliner terbaru untuk menciptakan ritual makan sehat.

Namun, dapur yang penuh dengan barang kedaluwarsa dan lemari es yang berisi kotak makanan dapat menghalangi niat terbaik Anda. Investasikan waktu dan energi untuk menciptakan ruang yang mampu memfasilitasi kebiasaan sehat Anda. Ini bisa berarti menata ulang televisi di dekat ruang makan dengan memilih pemutar musik, mengganti peralatan penting yang rusak, atau mengganti kotak di dapur dengan bumbu segar.

Dengan mengambil pendekatan lebih aktif dan disengaja untuk pemilihan makanan dan persiapan makan, Anda dapat lebih siap untuk makan dengan baik tanpa bergantung pada pendekatan nutrisi yang terbatas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA