Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

GP Emilia Romagna Punya Format Berbeda

Kamis 29 Oct 2020 20:33 WIB

Red: Nora Azizah

Formula 1 akan kembali digelar di Sirkuit Imola untuk pertama kalinya sejak 2006 (Foto: ilustrasi F1)

Formula 1 akan kembali digelar di Sirkuit Imola untuk pertama kalinya sejak 2006 (Foto: ilustrasi F1)

Foto: Joe Klamar/AP
GP Emilia Romagna akan digelar dua hari dan tanpa sesi latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Formula 1 akan kembali digelar di Sirkuit Imola untuk pertama kalinya sejak 2006. Sirkuit Italia itu akan menjadi tuan rumah Grand Prix (GP) Emilia Romagna akhir pekan ini.

Namun, tidak seperti akhir pekan biasanya, tim dan pembalap akan menjalani format Grand Prix sepanjang dua hari saja. Padahal biasanya berlangsung dalam tiga hari.

Pada Kamis (29/10), biasanya para pembalap menghadiri sesi jumpa pers pralomba. Dua pembalap dari setiap tim diberi jatah sepuluh menit dengan urutan mulai dari tim yang berada di peringkat terbawah klasemen. Dalam musim ini berarti dimulai dengan Williams, dan Mercedes menjadi yang terakhir.

Namun, di Imola, hari Kamis ini akan tidak ada aktivitas apapun karena para tim dan pembalap baru saja menyelesaikan perjalanan dari balapan di Portimao, Portugal. Mereka melakukan persiapan mereka jelang akhir pekan.

Laman resmi Formula 1 melaporkan, dikutip Kamis, sesi jumpa pers diundur ke Jumat (30/10). Selain itu, kru TV memiliki kesempatan wawancara hari itu dan para pembalap dan engineer juga seperti biasanya berjalan mengelilingi trek pada pagi harinya sebagai persiapan.

Dua sesi latihan, masing-masing berdurasi 90 menit, yang biasanya digelar Jumat juga ditiadakan. Sebagai gantinya, pembalap dan tim mendapat jatah hanya satu sesi latihan bebas berdurasi 90 menit pada Sabtu pagi waktu setempat.

Pergantian format tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap lomba pada Ahad, dengan hanya jam start dimajukan satu jam. GP Emilia Romagna akan digelar tanpa penonton menyusul dikeluarkannya larangan dari otoritas setempat karena kenaikan kasus COVID-19.

Promotor sebelumnya telah mendapat izin mendatangkan 13.000 penonton per harinya. Namun, langkah-langkah pencegahan baru diterapkan otoritas setempat untuk mencegah penyebaran virus corona. Misano menjadi sirkuit ketiga di Italia yang menggelar balapan Formula 1 tahun ini setelah Monza dan Mugello.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA