Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Pemerintah Pastikan Keamanan Vaksin Covid-19

Kamis 29 Oct 2020 17:51 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri  / Red: Ratna Puspita

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

Foto: BPIP
Pemerintah masih menunggu hasil dari proses uji klinis fase 3 vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah kembali menegaskan, akan menjamin keamanan vaksin yang akan digunakan untuk masyarakat. Saat ini, kandidat-kandidat vaksin yang akan digunakan tengah menjalani uji klinis fase 3 guna memastikan keamanan, efek samping, dan rentang dosis aman pada manusia.

“Jadi saat ini kandidat-kandidat vaksin sedang dalam uji klinis fase 3 untuk memastikan keamanan, efek samping, dan juga rentang dosis aman yang dapat digunakan kepada manusia sehingga efektif,” ujar Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers, Kamis (29/10).

Hingga saat ini, pemerintah masih menunggu hasil dari proses uji klinis fase 3 serta transfer dokumen ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk dianalisa. Wiku mengatakan, pemerintah menekankan agar upaya pengembangan vaksin dapat dilakukan secara hati-hati dan tidak terburu-buru, serta berpedoman pada standar kesehatan.

Baca Juga

Setelah uji klinis tersebut memberikan hasil yang sesuai dengan standar kesehatan, BPOM kemudian dapat mengeluarkan emergency use of authorization atau izin penggunaan vaksin. Wiku mengatakan, pemerintah menargetkan penyelesaian penanganan pandemi Covid sesegera mungkin. 

Namun, keberhasilan penanganan Covid sangat ditentukan oleh kedisiplinan seluruh masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. “Selalu kami ulang-ulang hal ini karena ini memang cara yang paling ampuh. Semakin disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan, maka semakin efektif penanganan pandemi Covid,” ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA