Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

'Passion Penting untuk Lahirkan Karya Besar'

Kamis 29 Oct 2020 16:23 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi

Gamal Albinsaid, pendiri asuransi sampah

Gamal Albinsaid, pendiri asuransi sampah

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Jangan korbankan passion-mu dengan recehan rupiah

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- CEO Indonesia Medika, Gamal Albinsaid menuturkan, pengembangan gairah hidup jadi yang terpenting dalam melahirkan karya yang besar, khususnya dalam sosiopreneur. Karya besar yang mengagumkan itu lahir ketika gairah dikerjakan dengan kesabaran.

"Jika kamu mengikuti passion-mu, uang, orang-orang, dan dampaknya akan mengikuti. Oleh karena itu, jangan korbankan passion-mu dengan recehan rupiah atau pengaruh orang lain," kata Gamal saat menjadi pembicara dalam The 1st Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference (UMY Grace) 2020, Selasa (27/10).

Gamal sendiri, misal, yang menyukai inovasi kesehatan melakukan dengan kembangkan produk baru terkait kesehatan. Inovasi ini dikembangkankan dengan pola pikir bagaimana menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungan sosial.

Indonesia medika antara lain merupakan satu klinik asuransi gerobak sampah yang melihat dari keresahan sosial. Datang dari permasalahan beberapa masyarakat yang tidak memiliki uang, ternyata tidak memiliki jaminan kesehatan.

Program inovasi ini meliputi pembentukan komunitas, pemberdayaan komunitas sampah, dan penggalangan untuk biaya kesehatan, sehingga adanya akses kesehatan. Hal ini merupakan mobilisasi masyarakat yang terbuang, tanpa kesempatan akses kesehatan.

"Kegiatan manfaatkan kewirausahaan sampah rumah tangga yang meningkatkan nilai sampah secara eksponen, untuk membantu akses kesehatan masyarakat," ujar Gamal.

Ia menambahkan, kegiatan bersifat inovasi dan untuk kemaslahatan sosial sangat penting untuk dilakukan dengan mengembangkan gairah sesuai kemampuan masing-masing. Sehingga, ide itu murah asalkan kita mau memulai dari mana kita berada.

"Menggunakan apa yang kita punya dan lakukan apa yang kita miliki. Oleh karena itu, mengembangkan passion ini membutuhkan kejujuran, kesabaran dan keberanian untuk mencoba suatu hal yang akan kita lakukan," kata Gamal. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA