Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Sejumlah Pengunjung Ragunan Disanksi karena tak Pakai Masker

Kamis 29 Oct 2020 15:11 WIB

Rep: Febryan A / Red: Andi Nur Aminah

Warga mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan, di Jakarta, Rabu (28/10/2020). Warga mulai memadati sejumlah tempat wisata dan rekreasi pada masa cuti bersama dan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.

Warga mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan, di Jakarta, Rabu (28/10/2020). Warga mulai memadati sejumlah tempat wisata dan rekreasi pada masa cuti bersama dan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.

Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Jumlah pengunjung yang tak menggunakan masker lebih banyak saat libur panjang ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Satpol PP Jakarta Selatan (Jaksel) Ujang Harmawan, mengatakan, pihaknya meningkatkan pengawasan protokol kesehatan di sejumlah tempat wisata karena sudah memasuki periode libur panjang akhir Oktober. Walhasil, di Kebun Binatang Ragunan, Pasar Minggu, kedapatan sejumlah pengunjung tak menggunakan masker.

Ujang mengatakan, jajarannya melakukan pengawasan di tiga titik, yakni di pintu utama, pintu timur, dan di Jalan RM Harsono. "Kemarin (28/10) ada empat orang yang kita berikan sanksi," kata Ujang kepada Republika.co.id, Kamis (29/10).

Sedangkan hari ini, lanjut dia, jumlah pengunjung yang tak menggunakan masker lebih banyak. Tercatat ada tiga orang yang tak menggunakan masker lalu dijatuhi sanksi kerja sosial. Terdapat pula tiga orang yang dijatuhi sanksi denda administrasi.

Baca Juga

Ujang menambahkan, jajarannya memang meningkatkan pengawasan saat periode libur panjang kali ini. Terutama di tempat-tempat wisata. "Di Jakarta Selatan ini, selain mal, tempat wisata juga kita lakukan pengawasan. Misalnya, Setu Babakan dan Taman Margasatwa Ragunan," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menghimbau warganya untuk tetap di rumah saja pada saat libur panjang akhir Oktober 2020. Imbauan disampaikan guna meredam penularan Covid-19 di DKI Jakarta yang masih tinggi. Apalagi kerap ada lonjakan kasus Covid-19 pasca libur panjang.

Pemerintah pusat memutuskan 28 Oktober dan 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW. Alhasil, akan ada libur panjang selama lima hari, yakni sejak 28 Oktober hingga 1 November 2020.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA