Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Syarief Hasan Raih Penghargaan Best Freedom of Speech

Kamis 29 Oct 2020 11:24 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan.

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan.

Foto: MPR
Media Teropong Democracy memberikan penghargaan kepada Syarief Hasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan menerima penghargaan dari portal berita Teropong Senayan. Syarief Hasan mendapatkan penghargaan kategori Best Freedom of Speech dalam acara nasional Teropong Democracy Award (TDA) yang diselerenggarakan secara virtual pada Rabu (28/10/2020).

Penghargaan tersebut diberikan kepada Syarief Hasan dan tokoh lainnya dikarenakan kontribusinya dalam memberikan narasi-narasi yang menguatkan demokrasi di Indonesia. “Ketahanan demokrasi sangat terkait dengan keberhasilan mewujudkan komitmen berdemokrasi dan penyelenggara negara harus turut mengawal ketahanan demokrasi.”, ucap Rihad Wiranto, Pemimpin Redaksi Teropong Senayan.

Baca Juga

Dalam keterangannya, Syarief Hasan menilai bahwa kunci dari demokrasi adalah kebebasan menyampaikan narasi dan suara rakyat untuk perbaikan negeri. “Kami sejak awal percaya bahwa demokrasi sebagai sebuah sistem harus menjamin kebebasan berbicara. Sebab, kebebasan tersebut menjadi ruang check and balances yang dapat mendewasakan demokrasi di Indonesia,” ucap dia.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini juga membeberkan laporan Freedom in the World 2019 yang dirilis oleh Freedom House, sebuah organisasi internasional yang mempromosikan kebebasan dan demokrasi di dunia. Dalam laporan tersebut, Indonesia mendapatkan skor 62 dari skor maksimal 100.

Setali tiga uang, Reporters Without Borders, organisasi internasional yang juga meneliti kebebasan pers dunia menempatkan Indonesia di posisi 124 dari 180 negara dalam laporan World Press Freedom Index 2019. Posisi ini menunjukkan masih rendahnya Indeks Kebebasan Pers Indonesia.

Sebagai peraih penghargaan Best of Freedom Speech, Syarief Hasan mendorong Pemerintah untuk menjamin kebebasan berbicara di Indonesia. “Indeks dan laporan ini menunjukkan bahwa demokrasi di Indonesia masih tergolong belum sempurna. Sehingga, perlu peran bersama dari penyelenggara negara, politisi, hingga masyarakat memastikan jaminan kebebasan berekspresi dan berdemokrasi di Indonesia,” ungkapnya.

Selain Syarief Hasan, beberapa kader dan bahkan fraksi Partai Demokrat juga mendapatkan penghargaan Teropong Democracy Award. Diantaranya, Fraksi Partai Demokrat (Voices of Democracy), Agus Harimurty Yudhoyono (Rising Star of Democracy), Edhi Baskoro Yudhoyono (Hope of Democracy), serta Syarief Hasan, Benny K. Harman, dan Herman Khaeron (Best of Freedom Speech).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler