Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

5 Kiat Kendalikan Berat Badan untuk Turunkan Risiko Stroke

Kamis 29 Oct 2020 06:02 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih

Stroke (ilustrasi)

Stroke (ilustrasi)

Foto: AP
Olahraga teratur bersama dengan diet seimbang membantu mencegah stroke.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Stroke bisa berakibat fatal.  Namun, ada banyak hal yang dapat dilakukan menurunkan peluang mengalami serangan otak itu.

Pakar kesehatan mengatakan menjaga berat badan adalah faktor penting menurunkan risiko kondisi kesehatan tertentu, termasuk stroke dan tekanan darah tinggi. Jika merasa kelebihan berat badan, kita bisa menurunkan 5 persen sampai 10 persen dari berat awal. 

Olahraga teratur bersama dengan diet seimbang dan perubahan gaya hidup sehat lainnya dapat membantu kita mencegah penyakit, serta memungkinkan menjalani hidup yang lebih sehat dan bugar.

Melansir Times Now News pada Rabu (28/10), stroke dapat digambarkan sebagai serangan otak yang mungkin diderita seseorang. Stroke disebabkan suplai darah ke bagian otak tersebut terhenti atau berkurang, dan sel-sel otak mati.

Baca Juga

Hal itu adalah keadaan darurat medis dan dapat menyebabkan kecacatan jangka panjang atau, dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kematian. Orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes memiliki risiko lebih tinggi menderita stroke. Demikian pula, merokok juga bisa menjadi salah satu faktor risiko.

Ada banyak faktor risiko yang bisa dikendalikan. Pedoman pencegahan stroke menunjukkan gaya hidup sehat, yang mencakup makan dengan baik dan berolahraga secara teratur, dapat mengurangi risiko hingga 80 persen.

Gaya hidup aktif tidak hanya akan membantu meminimalkan risiko terkena stroke. Aktivitas fisik secara teratur memiliki manfaat kesehatan luar biasa.

Direktur Regional, Neurology, Stroke and Neurocritical Care, Global Hospital, Mumbai, Shirish M Hastak mengatakan olahraga setiap hari dapat menurunkan tekanan darah.  Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko utama stroke.

Dia mengatakan seseorang juga akan dapat mengatasi obesitas, kolesterol, dan bahkan diabetes jika tetap aktif dan terus bergerak.

“Berbagai penelitian juga telah memastikan bahwa olahraga dapat mencegah stroke dan membantu orang untuk tetap sehat,” kata Hastak.

Olahraga teratur yang dikombinasikan dengan diet sehat dapat membantu menurunkan berat badan dan tetap bugar.

Bergerak lebih banyak

Olahraga teratur adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk kesehatan. Kegiatan itu akan membantu membakar kalori hingga mempertahankan berat badan sehat.

Penting untuk tetap aktif setiap hari, dengan fokus pada latihan yang meningkatkan detak jantung. Lakukan olahraga berat jika memungkinkan. Jangan berlebihan. Mulailah secara perlahan, kemudian dapat secara bertahap memilih latihan intensitas tinggi.

Paling tidak 150 menit (dua jam dan 30 menit), seperti aktivitas aerobik intensitas sedang setiap minggu direkomendasikan untuk kebanyakan orang. Kita dapat berjalan, berlari, jogging, melakukan aerobik, berenang, bersepeda, atau aktivitas lain yang dapat membantu memperkuat kesehatan otot dan tulang. Bahkan aktivitas dengan intensitas rendah, seperti melakukan pekerjaan rumah tangga, berkebun, dan peregangan, jika dilakukan secara teratur dapat memberikan manfaat jangka panjang.

Menari adalah pilihan lain yang bisa dipilih untuk tetap bugar. Kegiatan itu tidak akan monoton, dan kita juga dapat menurunkan kelebihan berat badan dengan lebih mudah.

Jika pernah menderita stroke, sebaiknya bicarakan dengan dokter tentang jenis dan tingkat olahraga yang dapat dilakukan. Kita juga harus menghindari latihan keras di awal.  Kita dapat menyewa pelatih kebugaran yang membantu membuat rencana khusus tentang olahraga.

Memastikan diet bergizi adalah kunci tetap bugar. Diet tak sehat, tidak hanya akan membuat berat badan bertambah, tetapi juga meningkatkan peluang terkena serangan jantung, stroke, dan lain-lain.

Pilih diet seimbang yang mencakup berbagai buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian yang sangat menutrisi dan bergizi. Jenis itu sarat dengan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk perut, tekanan darah, dan kesehatan secara keseluruhan. Kita harus menghindari makan terlalu banyak makanan tunggal, terutama makanan tinggi garam, gula tambahan, dan lemak tidak sehat.

Selain olahraga teratur dan diet seimbang, seseorang harus berhenti merokok dan konsumsi alkohol. Tingkatkan kesadaran tentang stroke dan konsekuensi yang mengancam nyawa Tidak banyak orang yang tahu tentang stroke. Jadi, cobalah mengedukasi satu orang lagi tentang kondisi berbahaya itu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA