Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

5 Trik Memangkas Asupan Kalori Tanpa Menyiksa

Kamis 29 Oct 2020 03:54 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Gita Amanda

Makanan siap saji seperti burger dan kentang goreng merupakan salah satu contoh makanan berkalori tinggi.

Makanan siap saji seperti burger dan kentang goreng merupakan salah satu contoh makanan berkalori tinggi.

Foto: corbis
Mengurangi asupan kalori merupakan salah satu kunci untuk menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengurangi asupan kalori merupakan salah satu kunci untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, sebagian orang mungkin bingung harus memulai dari mana untuk mengurangi asupan kalori dengan efektif.

Setidaknya ada lima cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memangkas asupan kalori sehari-hari tanpa menyiksa. Berikut ini adalah kelima cara tersebut, seperti dilansir WebMD.

Pilihan Metode Memasak

Proses menggoreng dan menumis masakan biasanya membutuhkan tambahan minyak atau mentega. Penambahan bahan seperti minyak, mentega, atau sejenisnya dalam proses memasak dapat memperbesar kandungan kalori di dalam masakan. Pilih alternatif metode memasak lain yang tidak menambah kalori dengan memanggang atau merebus masakan.

Ganti Daging Merah dengan Sayuran

Sayuran memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan daging merah. Di samping itu, sayuran juga kaya akan beragam zat gizi, air, dan serat sehingga dapat memberikan perasaan kenyang lebih lama.

Pertimbangkan Bahan Pengganti

Beberapa produk makanan biasanya memiliki opsi yang lebih sehat. Produk susu sapi misalnya, memiliki varian susu skim yang lebih rendah kalori. Produk yogurt di pasaran juga banyak yang menawarkan varian rendah lemak. Namun, jangan lupa untuk memastikan label informasi gizi pada kemasan produk untuk memastikan seberapa besar kandungan kalori dalam produk tersebut.

Waspadai Minuman Berkalori

Minuman seperti teh dan kopi pada dasarnya memiliki manfaat bagi kesehatan sekaligus rendah kalori. Akan tetapi, ragam kreasi minuman teh dan kopi biasanya mendapatkan penambahan bahan-bahan lain seperti gula atau susu yang membuat kalori dalam minuman tersebut menjadi besar. Hindari pula beragam minuman berkalori dan bergula lain seperti soda atau jus kemasan.

Beralih Ke Cemilan Rendah Kalori

Mengemil tetap boleh dilakukan saat sedang mengurangi asupan kalori. Namun, penting untuk memilih jenis cemilan dengan bijak dan menakar porsi cemilan dengan baik. Salah satu contoh cemilan rendah kalori adalah popcorn yang tidak ditambahkan bahan apa pun saat proses pembuatannya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA