Monday, 8 Rabiul Akhir 1442 / 23 November 2020

Monday, 8 Rabiul Akhir 1442 / 23 November 2020

Tidur Lebih Mudah dengan Teknik Pernapasan 4-7-8

Kamis 29 Oct 2020 01:18 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Gita Amanda

Tidur (ilustrasi).  Latihan pernapasan yang tepat dapat membantu orang-orang dengan masalah ini untuk bisa tidur lebih cepat.

Tidur (ilustrasi). Latihan pernapasan yang tepat dapat membantu orang-orang dengan masalah ini untuk bisa tidur lebih cepat.

Foto: www.freepik.com
Sulit tidur berpotensi mempengaruhi kesehatan secara umum

REPUBLIKA.CO.ID, Sulit tidur dapat menjadi masalah yang tak hanya menyebalkan, tetapi juga berpotensi mempengaruhi kesehatan secara umum. Latihan pernapasan yang tepat dapat membantu orang-orang dengan masalah ini untuk bisa tidur lebih cepat.

Melalui video Youtube, terapis fisik Doctor Jo menganjurkan teknik pernapasan 4-7-8 untuk orang-orang yang mengalami kesulitan tidur. Teknik pernapasan 4-7-8 merupakan latihan bernapas sederhana yang dinilai dapat membantu seseorang tidur lebih cepat.

Latihan pernapasan 4-7-8 terdiri dari tiga langkah. Ketiga langkah tersebut adalah menarik napas selama empat detik, menahan napas selama tujuh detik, dan menghembuskan napas selama delapan detik.

"Ketika Anda menarik napas, Anda hanya perlu bernapas secara lembut dan normal melalui hidung Anda," jelas Jo, seperti dilansir Women's Health.

Saat menghembuskan napas, rapatkan bibir seperti sedang ingin membuat bunyi berdesing. Metode ini membutuhkan tenaga lebih besar untuk menghembuskan napas selama delapan detik.

"Terkadang Anda mungkin tidak sampai ke detik delapan, tapi semakin banyak Anda lakukan, Anda akan mampu mencapainya," pungkas Jo.

Saat melakukan latihan pernapasan 4-7-8, posisi tubuh saat tidur juga perlu diatur. Meski tiap orang memiliki posisi tidur favorit masing-masing, Jo menyarankan agar latihan ini dilakukan dalam posisi telentang.

Saat baru memulai, orang-orang mungkin akan merasa kesulitan dan hanya bisa mengulang latihan ini sebanyak dua hingga empat kali. Namun setelah cukup sering berlatih, orang-orang bisa mengulang latihan ini sampai delapan kali.

"Lakukan latihan selama beberapa kali, terus berusaha, pastikan Anda aman dan nyaman ketika melakukan ini," ujar Jo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA