Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Empat Hal Penting Jika Gagal Diterima Kerja

Rabu 28 Oct 2020 18:48 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Siapkan dirimu untuk wawancara selanjutnya.

Mendapatkan pekerjaan dan bisa bergabung dengan sebuah perusahaan kerap menjadi hal yang tidak mudah. Untuk sebagian orang, proses ini bahkan bisa saja membutuhkan waktu yang panjang. Alih-alih langsung diterima bekerja, mengalami kegagalan setelah sesi wawancara merupakan hal yang banyak dialami para pencari kerja.

Jika kamu pernah mengalami hal yang sama, maka kamu tentu mengerti bagaimana rasanya menerima penolakan seperti ini. Hal ini tentu tidak mudah untuk dilalui, apalagi untuk segera memulai kembali pencarian kerja di tempat lainnya.

Rasa terpuruk dan sedikit putus asa sangat mungkin kamu alami setelah gagal diterima kerja di sebuah perusahaan. Namun kamu tak bisa larut dalam kondisi seperti ini, apalagi jika kamu ingin segera mendapatkan pekerjaan impianmu.

Mulailah melihat kembali apa saja yang sudah kamu lakukan selama melamar pekerjaan, terutama di saat sesi wawancara. Hal ini penting, agar kamu bisa memperbaiki berbagai hal untuk dapat melakukan wawancara yang lebih baik lagi kedepannya. Siapkan dirimu untuk wawancara selanjutnya, agar kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu lakukan setelah gagal dalam sesi wawancara kerja:

 

1. Kirimkan email pada pewawancara

kirim email

Menerima surat pemberitahuan tidak lolos wawancara memang bukan sesuatu yang menyenangkan, apalagi jika kamu sudah sangat mengharapkan diterima di perusahaan tersebut. Namun kondisi seperti ini bukanlah akhir dari segalanya, sebab bisa saja di lain kesempatan kamu justru mendapatkan panggilan wawancara lainnya di perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk membalas email dari pewawancara sesaat setelah kamu menerima pemberitahuan tidak lolos. 

Ucapkanlah terima kasih atas kesempatan wawancara yang telah diberikan pihak perusahaan. Sampaikan juga harapanmu untuk bisa mengikuti sesi wawancara di lain kesempatan. Jika perlu, kamu juga bisa bertanya alasan mengapa kamu tidak diterima di sana.

Namun untuk poin yang satu ini jangan terlalu memaksa, sebab kebanyakan perusahaan memang tidak akan memberikan alasan detailnya. Respon kamu terhadap hasil wawancara yang seperti ini akan menjadi hal positif. Jika perusahaan memberikan alasan, maka kamu bisa menjadikannya sebagai acuan untuk memperbaiki diri kedepannya.

Baca Juga: Tips Menjawab 10 Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja

2. Tetap terhubung dengan pewawancara

tetap terhubung dengan pewawancara

Koneksi menjadi salah satu aset penting dalam mengembangkan karir, jadi jangan pernah lupakan hal tersebut. Meski hanya berhubungan selama beberapa saat dengan pewawancara, pastikan kamu tetap menjaga koneksi dengan baik. Jika kamu tidak diterima bekerja saat ini, maka di lain kesempatan hal tersebut tentu mungkin saja terjadi.

Kamu bisa saja dibutuhkan dalam posisi lainnya di perusahaan atau bahkan di posisi yang sama di masa yang akan datang. Biasakan untuk tetap menjaga koneksi dengan pihak perusahaan, terutama dengan pewawancara. Hal ini bisa kamu lakukan dengan banyak cara, termasuk dengan terhubung melalui media sosial atau bahkan LinkedIn yang lebih profesional. 

3. Refleksikan proses wawancara

refleksikan proses wawancara

Jangan membiarkan kegagalan berlalu begitu saja, tanpa mempelajari sesuatu yang berguna di dalamnya. Hal ini juga berlaku ketika kamu gagal dalam wawancara. Saat kamu tidak lolos dalam sesi wawancara, maka luangkan waktumu untuk merefleksikan kembali proses wawancara tersebut secara detail. Cek kembali persiapan kamu selama melamar pekerjaan, agar kamu bisa memahami apa saja yang membuat kamu gagal. 

Proses ini akan memungkinkan kamu menyadari kekuranganmu dan memperbaiki diri untuk wawancara berikutnya. Di masa yang akan datang, cobalah untuk membuat segala sesuatunya lebih baik dari saat ini. Hindari berbagai kesalahan yang tidak perlu, agar peluang kamu diterima kerja semakin besar. 

Baca Juga: Mulus Lolos Wawancara Kerja dengan Tips Berikut Ini

4. Tetaplah semangat untuk wawancara berikutnya

semangat untuk wawancara berikutnya

Meski tidak mudah, hindari untuk terpuruk setelah gagal diterima kerja di sebuah perusahaan. Jangan menyalahkan diri sendiri atau bahkan merasa kamu tidak mampu untuk mendapatkan pekerjaan. Di luar sana, ada banyak pekerjaan lainnya yang siap untuk kamu perjuangkan. Saat kamu ditolak oleh perusahaan, maka hal tersebut tidak semata-mata hanya karena kamu tidak kompeten saja, sebab bisa saja kandidat lainnya memang dirasa lebih tepat oleh pihak perusahan. 

Tetaplah semangat untuk mencari pekerjaan dan menjalani wawancara lainnya. Kamu harus percaya diri dan memiliki keinginan besar untuk menjalani proses berikutnya dengan lebih baik lagi. Semua ini akan memungkinkan kamu kembali fresh dan siap untuk menghadapi berbagai tantangan dalam mencari pekerjaan tersebut. 

Perbaiki Dirimu untuk Wawancara Berikutnya

Gagal diterima bekerja merupakan hal yang biasa, kamu tidak perlu terpuruk hanya karena kondisi seperti ini. Pahami apa saja yang membuat kamu tidak diterima dan berusahalah untuk mengatasi semua kendala tersebut. Persiapkan dirimu dengan sebaik mungkin untuk menghadapi proses wawancara yang lebih baik kedepannya. Semua ini akan membuat kamu lebih siap dan mampu untuk mendapatkan pekerjaan impianmu.

Baca Juga: Rahasia Penilaian Saat Wawancara Kerja Yang Wajib Diketahui 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA