Rabu 28 Oct 2020 16:59 WIB

Nusa Mandiri Gelar Seminar Tips & Trik Menulis Karya Ilmiah

Kegiatan itu diikuti mahasiswa Prodi Magister Ilmu Komputer.

Prodi Magister Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri menggelar seminar online bertajuk Tips & Trik Menulis Karya Ilmiah Sesuai Kaidah.
Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri
Prodi Magister Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri menggelar seminar online bertajuk Tips & Trik Menulis Karya Ilmiah Sesuai Kaidah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Studi (prodi) Magister Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri  membekali mahasiswa dalam menulis paper penelitian dan berbagi tips agar lolos publikasi. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan tema Online Seminar Tips & Trik Menulis Karya Ilmiah Sesuai Kaidah, Ahad (18/10).

Kegiatan itu menghadirkan dua narasumber yang ahli di bidangnya yaitu Dr Agus Subekti, dosen Magister Ilmu Komputer sekaligus peneliti pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia; dan Frieyadie, redaktur OJS Nusa Mandiri sekaligus dosen di STMIK Nusa Mandiri.

Dr Agus Subekti mengatakan dalam menulis penelitian tentukan terlebih dahulu rencana metode/algoritma yang akan digunakan, model masalah, pendekatan yang ada sebelumnya, uraikan tentang celah kebaruan yang akan dikembangkan, algoritma apa saja yang akan dicoba dan meatriks performansi yang digunakan.

“Karya ilmiah atau laporan hasil penelitian harus mengandung unsur kebaruan baik itu memodifikasi metode sebelumnya ataupun melengkapi yang belum dikerjakan peneliti sebelumnya dan juga harus mengandung unsur isu aktual dalam bidang yang dipilih pada penelitian,” ujar Agus dalam keterangan tertulis, Rabu (21/10).

Selanjutnya, Frieyadie menambahkan materi mengenai teknik citasi dan anti plagiarism, di mana sitasi itu merupakan salah satu bentuk pengakuan atas ide, pendapat orang lain yang tertera pada karya ilmiah yang dibuat.

“Agar lebih mudah dalam membuat sitasi maka gunakan aplikasi Medeley. Dengan aplikasi ini akan memudahkan kita dalam mengelola dokumen referensi yang dibutuhkan saat penelitian,” kata Frieyadie.

Eni Heni Hermaliani, sekretaris Prodi Magister Ilmu Komputer berharap dengan adanya seminar virtual ini dapat membantu dan memotivasi mahasiswa untuk tingkatkan kualitas penelitian.

“Semoga karya ilmiah hasil penelitian mahasiswa S2 STMIK Nusa Mandiri dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat luas,” ungkap Eni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement