Rabu 28 Oct 2020 14:52 WIB

Bahas Raperda PPA, DPRD Jabar Dapat Masukan dari Komnas Anak

'Raperda ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap masalah anak'.

Bahas Raperda PPA, DPRD Jabar dapat masukan dari Komnas Anak
Foto: DPRD Jabar
Bahas Raperda PPA, DPRD Jabar dapat masukan dari Komnas Anak

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--DPRD Jabar melalui Pansus IV, mendapat banyak masukan dari Komnas Anak sebagai bahan masukan dalam pembahasan Raperda PPA (Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Ketua Pansus IV DPRD Jabar Sri Rahayu Agustina menyebutkan, masukan dari komnas anak dapat implementatif dalam raperda PPA. ''Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat mengapresiasi konsistensi Komisi Nasional Anak (Komnas Anak) terhadap perlindungan anak diseluruh Indonesia. Masukan-masukan dari komnas anak akan ditindaklanjuti untuk diterapkan dalam raperda Penyelenggaraan Perlindungan Anak (PPA),'' papar Sri dalam siaran pers yang diterima Republika

Ketua Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Sri Rahayu Agustina, menyebutkan, masukan dari komnas anak dapat implementatif dalam raperda PPA. ''Kejahatan atau kekerasan terhadap anak dalam bentuk apa pun merupakan perbuatan yang tidak diperbolehkan secara hukum mengacu pada Undang-Undang Perlindungan Terhadap Anak dari Komnas Anak. Sinergitas antarkomponen sangat diperlukan, bukan hanya pemerintah, melainkan semua elemen masyarakat turut bertanggung jawab untuk memperhatikan perlindungan terhadap anak,'' ujar Sri di Gedung Komnas Anak, Jakarta beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Pansus IV mengucapkan Hari Jadi Komnas Anak yang ke-22. Semoga semakin terdepan bagi anak seluruh Indonesia. Sebagai tokoh anak yang selalu hadir di anak-anak Indonesia. ''Sesuai dengan motto komnas anak selalu hadir untuk anak Indonesia bukan hanya slogan semata, lebih concern lagi untuk memperhatikan masalah dan hak-hak anak,'' ucapnya.  

Ketua Komnas Anak, Aris Merdeka Sirait menyebutkan, Raperda PPA di Jawa Barat merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap masalah anak-anak. ''Lahirnya upaya pembentukan perda ini sebagai bentuk keseriusan DPRD jawa Barat untuk melindungi dan memperhatikan masalah anak,'' ujar Aris.

Karena itu, lanjut Aris, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi atas revisi Raperda Pansus IV tentang PPA. Sehingga, raperda tersebut menjadi bagian dari salah satu tujuan utama dari Komnas Anak yakni penyelenggaraan perlindungan terhadap anak di Jawa Barat khususnya anak di Indonesia. ''Sesuai dengan pengalaman empirik, kami memberikan masukan yang implementatif terhadap raperda ini,'' katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement