Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Nasehat Nabi Muhammad SAW untuk Para Pemuda

Kamis 29 Oct 2020 05:45 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Esthi Maharani

Ilustrasi Rasulullah

Ilustrasi Rasulullah

Foto: Republika/Mardiah
Sebaik-sebaiknya pemuda adalah jika dia melakukan qiyamullail.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengajar Ma'had Daarussunnah Bekasi, Ustaz Muhammad Azizan, Lc menyampaikan bahwa ada nasehat Rasulullah SAW untuk para pemuda. Nasehat ini disampaikan kepada Abdullah bin Umar yang merupakan adik ipar Rasulullah SAW.

Ustaz Azizan menjelaskan, Abdullah bin Umar adalah adik dari Hafshah binti Umar, istri Nabi Muhammad SAW. "Abdullah bin Umar memang bukan kerabat Nabi tetapi punya hubungan dengan Nabi. Yang namanya ipar, tentu kita pun berharap keluarga kita sama-sama mendekatkan diri pada Allah SWT," tutur dalam kajian virtual.

Karena itu, dalam beberapa riwayat, Nabi Muhammad SAW menasehati Abdullah bin Umar bahwa sebaik-sebaiknya pemuda adalah jika dia melakukan qiyamullail. Sejak saat itulah, Abdullah bin Umar tidak pernah meninggalkan qiyamullail satu malam pun.

"Sejak rasul menyampaikan motivasi ini, Ibnu Umar mengatakan, 'Aku belum pernah meninggalkan qiyamullail satu malam pun'," terangnya. Abdullah bin Umar bersungguh-sungguh mengikuti nasehat tersebut sampai ujung usianya.

Untuk mempersiapkan ibadah di malam hari, Abdullah bin Umar setiap hari menjelang tidur menyiapkan bejana berisi air yang kemudian diletakkan di sisi tempat tidurnya. Air tersebut akan digunakannya untuk berwudhu. Setelah wudhu, kemudian sholat, Abdullah bin Umar pun tidur kembali.

Tak lama kemudian, masih di malam yang sama, Abdullah bangun lagi untuk menunaikan sholat dan wudhu dengan air dari bejana itu. "Sholat lagi, istirahat, bangun lagi. Beliau melakukan ini sampai 4-5 kali dalam satu malam, kata Nafi' (bin Sarjis Abu Abdullah ad-Dailami), mantan budaknya Ibnu Umar," paparnya.

"Allah SWT mengatakan, orang-orang beriman itu lambungnya jauh dari kasur. Bukan sedikit-sedikit kena kasur molor, kena sofa molor, jadi lambungnya jauh dari tempat tidur," kata alumnus Fakultas Syariah Universitas al-Imam Muhammad bin Su'ud Riyadh Cabang Jakarta itu mengingatkan.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA