Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Alami Kenaikan Kasus Covid, Daerah Diminta tak Lengah

Rabu 28 Oct 2020 07:26 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Daerah yang sempat mengalami perbaikan, justru mengalami kenaikan kasus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyoroti lima daerah yang pada pekan ini justru kembali mengalami kenaikan kasus tertinggi. Wiku menilai daerah-daerah tersebut lengah setelah pada pekan sebelumnya mengalami perbaikan jumlah kasus.

Daerah-daerah tersebut yakni Jawa Barat yang naik 627 kasus, Banten naik 345 kasus, Kepulauan Riau naik 238 kasus, Riau naik 234 kasus, dan Jawa Tengah naik 184 kasus.

“Kami melihat trend pada daerah yang minggu sebelumnya kami umumkan mengalami perbaikan, ternyata terjadi peningkatan kasus yang artinya menurut kami daerah ini menjadi lengah. Kami mohon perhatiannya,” kata Wiku saat konferensi pers.

Ia pun meminta daerah-daerah tersebut agar terus melakukan evaluasi penerapan protokol kesehatan di masing-masing wilayahnya. Lebih lanjut, Wiku mengatakan, pada pekan ini jumlah kasus Covid secara nasional cenderung mengalami penurunan dibandingkan pekan sebelumnya. Penurunan kasus positif secara nasional pun tercatat sebesar 4,5 persen.

“Ini adalah perkembangan ke arah yang lebih baik karena kasus positif mengalami penurunan. Penambahan kasus positif harus terus menurun setiap minggunya,” ujar Wiku.

Wiku pun mengapresiasi sejumlah daerah yang berhasil menekan angka kasusnya sehingga keluar dari lima besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi pada pekan sebelumnya. Yakni Sumatera Barat, Sulawesi Tenggara, dan NTB.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA