Selasa 27 Oct 2020 15:35 WIB

Menpora Minta Olahraga Rekreasi Diperkuat

Menpora ingin olahraga turut menopang pariwisata Indonesia.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Menpora RI Zainudin Amali.
Foto: istimewa
Menpora RI Zainudin Amali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali akan memerintahkan lembaganya untuk memperkuat geliat olahraga rekreasi. Pada 2021 mendatang, ia ingin olahraga turut menopang pariwisata Indonesia.

Tentang persiapan tahun depan, Menpora RI memberikan arahan bahwa perencanaan ihwal olahraga rekreasi harus sudah selesai dan disepakati.

"Saya apresiasi terhadap kegiatan ini karena akan merumuskan dan merekomendasikan perencanaan khususnya di Asdep Olahraga Rekreasi pada Deputi Pembudayaan Olahraga," kata Menpora RI dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (27/10).

Menurut Zainudin, olahraga rekreasi adalah implementasi dari tema Haornas ke-37 Tahun 2020 yaitu 'Sports Tourism'. Menurutnya, wisata olahraga sudah saatnya dipacu dan dikembangkan karena multiefek yang luar biasa dari potensi alam dan sisi ekonomi kreatif.

"Olahraga rekreasi harus dipersiapkan untuk mendukung sports tourism karena hal itu sudah menjadi tema pada Haornas dan sudah ditindaklanjuti MoU dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," jelas Zainudin.

Selain tentang evaluasi dan perencanaan, melalui rapat koordinasi Kemenpora juga membahas dan mempersiapkan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) yang mengatur lebih lanjut mengenai pembagian kewenangan kepada pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah/kota. Sehingga, akan mudah koordinasi dalam menjalankan setiap program.

"NSPK sangat penting, Kemendagri menunggu, provinsi dan kabupaten/kota juga menunggu. Jangan salahkan mereka kalau tidak bergerak jika tidak ada NSPK karena itu sebagai acuan," kata Zainudin.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta melaporkan bahwa kegiatan rakor selain secara virtual, para peserta yang terdiri dari KORMI, induk organisasi olahraga rekreasi masyarakat, serta pemangku kebijakan lainnya berada di dekat Pantai Anyer, guna menerjemahkan secara nyata pentingnya sports tourism.

"Sengaja kami berada di tempat rekreasi Anyer dengan protokol kesehatan sebagai perwujudan menindaklanjuti tema besar Haornas Sports Tourism," ujar Raden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement