Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

JIS Akan Jadi Smart Stadium

Selasa 27 Oct 2020 14:14 WIB

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Fuji Pratiwi

Pekerja menyelesaikan pemasangan rumput di Kompleks Stadion Utama Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, pekan lalu. JIS akan dibangun menjadi smart stadium.

Pekerja menyelesaikan pemasangan rumput di Kompleks Stadion Utama Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, pekan lalu. JIS akan dibangun menjadi smart stadium.

Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari
Teknologi QR code jadi salah satu yang akan digunakan di JIS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta Internasional Stadium (JIS) akan dibangun menjadi smart stadium berbasis teknologi. Terlebih, stadion ini memang dicanangkan sebagai stadion bertaraf internasional.

Corporate Communication dan Commercial PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Arnold Kindangen mengatakan, di lahan total 66,6 hektare, seluas 23 hektare komplek JIS berkonsep smart stadium.

Baca Juga

Ia menyebut, semua orang yang memasuki kawasan JIS akan menggunakan aplikasi dan melakukan pemindaian QR code. Begitupun kamera pamantau (CCTV) akan dipasang di berbagai titik.

"Kalau pakai QR code tinggal menggunakan scan wajah saja. Kalau ada yang ngelarang, nanti tinggal dilihat wajahnya. Jadi kebayang dong, kalo ada bentrokan (antar suporter)," kata Arnold menjelaskan.

Selain itu, untuk memperoleh kualifikasi stadion bertaraf internasional, JIS harus menyediakan moda transportasi yang terintegrasi. Oleh karena itu, pihaknya mengusung konsep Transit Oriented Development (TOD).

Jakarta sudah punya MRT (Mass Rapid Transit) dan LRT (Light Rail Transit). Apalagi, nanti juga ada LRT Jabodebek. Selain juga KRLComuter Line dan Trans Jakarta yang sudah matang beroperasi.

Secara prinsip, Arnold menjelaskan, pembuatan TOD tersebut telah masuk dalam perencanaan JIS. Mulai awal 2021, JIS akan mulai melakukan pembahasan secara intensif dengan pihak pengelola.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA