Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Pengalaman Alwi Shahab Maulid Nabi di Arab Saudi

Selasa 27 Oct 2020 11:41 WIB

Red: Muhammad Hafil

Pengalaman Alwi Shahab Maulid Nabi di Arab Saudi. Foto:  Abah Alwi Shahab

Pengalaman Alwi Shahab Maulid Nabi di Arab Saudi. Foto: Abah Alwi Shahab

Foto: Republika
Pelaksanaan Maulid Nabi di Arab Saudi digelar di kediaman Sayid Muhammad al-Maliki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wartawan Alwi Shahab atau dikenal dengan Abah Alwi (1936-2020) pernah menuliskan pengalamannya mengikuti peringatan Maulid Nabi di Arab Saudi. Padahal, seperti yang sudah diketahui, Arab Saudi yang satu abad terakhir ini, tak pernah merayakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad itu secara resmi.

Abah Alwi menceritakan pengalamannya itu saat melaksanakan umroh pada 2002 bersama tokoh ulama dari Jakarta dan Surabaya. Abah datang ke kediaman Sayid Muhammad al-Maliki, sedikit di luar Kota Makkah. Rombongan melaksanakan sholat Maghrib hingga Isya diselingi ratiban dan pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang sebetulnya tabu di sana.

Dan yang menarik, acara ratiban dan maulid ini dihadiri sejumlah ulama dari Afrika dan negara Asia lainnya. Setelah itu, kami bersama dengan ratusan jamaah dari mancanegara makan nasi kebuli yang dihidangkan pada nampan, seperti di Majelis Taklim Kwitang atau majelis taklim lainya.

Di sini, Abah Alwi melihat sekitar 200 pelajar dari Indonesia. Termasuk para mukimin yang telah tinggal selama puluhan tahun di Arab Saudi, menjadi warga negara kerajaan. Rupanya, Kerajaan Arab Saudi tidak menghalangi kegiatan keagamaan di Majelis Al-Maliki yang telah berlangsung sejak leluhur meski bertentangan dengan paham kerajaan.

*Tulisan ini merupakan sebagian dari tulisan Abah Alwi berjudul Ratiban dan Maulid Nabi di Arab Saudi yang terbit di Republika.co.id pada 12 Desember 2016.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA