Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Ketahui Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Selasa 27 Oct 2020 11:02 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Seperti juga sayuran berwarna hijau lainnya, bayam juga kaya akan vitamin K. Bayam juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Seperti juga sayuran berwarna hijau lainnya, bayam juga kaya akan vitamin K. Bayam juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Foto: Pxhere
Ketahui pula kondisi kesehatan yang tak disarankan mengonsumsi bayam.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Bayam mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan kuat, sehingga menjadikannya superstar di antara sayuran berdaun hijau. Makanan super itu terbukti bermanfaat bagi kesehatan dalam beberapa cara, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan hingga mencegah penyakit jantung dan kanker.

Daun hijau juga merupakan tambahan bagus untuk diet penurunan berat badan, karena sangat rendah kalori. Terlebih lagi, sayuran bergizi dan serbaguna tersebut dapat dikonsumsi mentah atau dimasak.

Dilansir Times Now News pada Senin (26/10), berikut beberapa manfaat kesehatan luar biasa yang ditawarkan bayam.

1. Meningkatkan sistem kekebalan
Ternyata, bayam adalah penguat sistem kekebalan yang tinggi. Tidak hanya karena dikemas dengan vitamin C, tapi sayuran itu juga merupakan sumber antioksidan dan beta karoten yang sangat baik.

Zat itu dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan. Vitamin dan mineral dalam bayam, seperti vitamin E dan magnesium berfungsi mendukung kekebalan serta membantu tetap aman dari virus dan bakteri.

2. Membantu menurunkan berat badan
Bayam rendah karbohidrat, tapi tinggi serat larut, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan dengan berbagai cara, termasuk kontrol gula darah yang lebih baik. Menurut Healthline, 3,5 ons bayam dapat memberi 2,2 gram serat yang membantu mengendalikan rasa lapar dan mencegah makan berlebihan.

Kandungan seratnya yang tinggi juga bermanfaat bagi pencernaan dan mencegah sembelit. Jadi, memasukkan sayuran bergizi itu ke dalam makanan, mungkin jadi cara yang bagus mengekang nafsu makan, meningkatkan pencernaan, mengelola kadar gula darah, dan banyak lagi.

3. Mengontrol tekanan darah
Bayam kaya akan nitrat yang terbukti mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan makan bayam dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian yang melibatkan 27 orang menunjukkan bahwa daun hijau dapat menurunkan tingkat tekanan darah secara efektif.

4. Meningkatkan hidrasi
Tetap terhidrasi penting untuk menjaga organ tubuh berfungsi baik. Kondisi itu membantu mengatur tubuh, menjaga sendi tetap dilumasi, mengirimkan nutrisi ke sel, mengurangi risiko infeksi, serta meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati. Makan makanan kaya air, seperti bayam, dapat membantu tetap terhidrasi dengan baik dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

5. Mendukung kesehatan mata.
Bayam mengandung beberapa senyawa tumbuhan, di antaranya lutein dan zeaxanthin yang dapat menjaga kesehatan mata. Penelitian menunjukkan bahwa pigmen itu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.

Baca Juga

Senyawa itu dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari. Sayuran tersebut juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan kanker. Dua komponen, MGDG dan SQDG, yang ditemukan dalam bayam juga dapat memperlambat pertumbuhan kanker.

Bayam adalah salah satu makanan paling bergizi yang bisa dimakan. Namun, sayuran dapat menyebabkan beberapa efek buruk pada beberapa orang, seperti orang yang rentan terhadap batu ginjal.

Sayuran itu juga dapat mengganggu pengobatan pengencer darah, karena mengandung vitamin K1 yang tinggi. Karena itu, individu yang berisiko mengalami batu ginjal dan mereka yang mengonsumsi pengencer darah direkomendasikan berkonsultasi dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan sebelum makan bayam dalam jumlah banyak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA