Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Siapakah Sebenarnya Sosok yang Goda Adam dan Hawa di Surga?

Selasa 27 Oct 2020 10:57 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Adam dan Hawa digoda iblis saat berada di Surga  Ilustrasi surga

Adam dan Hawa digoda iblis saat berada di Surga Ilustrasi surga

Foto: EPA/Olivier Maire
Adam dan Hawa digoda iblis saat berada di Surga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pendiri Quantum Akhyar Institute, Ustadz Adi Hidayat (UAH), menjelaskan tentang iblis yang menggoda Nabi Adam saat berada di surga bersama istrinya, Hawa. 

Menurut dia, iblis tersebut awalnya berasal dari kalangan jin. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 34. Allah SWT berfirman: 

وَاِذۡ قُلۡنَا لِلۡمَلٰٓٮِٕكَةِ اسۡجُدُوۡا لِاٰدَمَ فَسَجَدُوۡٓا اِلَّاۤ اِبۡلِيۡسَؕ اَبٰى وَاسۡتَكۡبَرَ وَكَانَ مِنَ الۡكٰفِرِيۡنَ

Baca Juga

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, "Sujudlah kamu kepada Adam!" Maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan yang kafir”.

Kemudian, dalam surat Al-Kahfi ayat 50 Allah Swt juga berfirman: 

وَاِذۡ قُلۡنَا لِلۡمَلٰۤٮِٕكَةِ اسۡجُدُوۡا لِاٰدَمَ فَسَجَدُوۡۤا اِلَّاۤ اِبۡلِيۡسَؕ كَانَ مِنَ الۡجِنِّ فَفَسَقَ عَنۡ اَمۡرِ رَبِّهٖؕ اَفَتَـتَّخِذُوۡنَهٗ وَذُرِّيَّتَهٗۤ اَوۡلِيَآءَ مِنۡ دُوۡنِىۡ وَهُمۡ لَـكُمۡ عَدُوٌّ ؕ بِئۡسَ لِلظّٰلِمِيۡنَ بَدَلًا

“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, "Sujudlah kamu kepada Adam!" Maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Dia adalah dari (golongan) jin, maka dia mendurhakai perintah Tuhannya. Pantaskah kamu menjadikan dia dan keturunannya sebagai pemimpin selain Aku, padahal mereka adalah musuhmu? Sangat buruklah (Iblis itu) sebagai pengganti (Allah) bagi orang yang zalim”.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, dalam ayat di atas Allah telah menjelaskan geneologis iblis dari kalangan jin yang bermaksiat dan fasik. Namun, ketika iblis tersebut mulai menggoda dan mewariskan kefasikannya kepada Adam dan Hawa, maka ia kemudian disebut dengan setan sebagaimana difirmankan Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 36:  

فَاَزَلَّهُمَا الشَّيۡطٰنُ عَنۡهَا فَاَخۡرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيۡهِ‌ وَقُلۡنَا اهۡبِطُوۡا بَعۡضُكُمۡ لِبَعۡضٍ عَدُوٌّ ۚ وَلَـكُمۡ فِى الۡاَرۡضِ مُسۡتَقَرٌّ وَّمَتَاعٌ اِلٰى حِيۡنٍ

“Lalu setan memperdayakan keduanya dari surga sehingga keduanya dikeluarkan dari (segala kenikmatan) ketika keduanya di sana (surga). Dan Kami berfirman, "Turunlah kamu! Sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain. Dan bagi kamu ada tempat tinggal dan kesenangan di bumi sampai waktu yang ditentukan." 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA