Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Raih WTP 8 Kali, Muba Raih Penghargaan Kemenkeu RI

Senin 26 Oct 2020 20:59 WIB

Red: Hiru Muhammad

Tidak hanya konsisten menjadi yang tercepat dalam penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) selama tiga tahun berturut-turut, namun Pemkab Muba yang dinahkodai Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA bersama Wakil Bupati Muba Beni Hernedi SIP juga  berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama delapan (8) tahun tahun berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Tidak hanya konsisten menjadi yang tercepat dalam penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) selama tiga tahun berturut-turut, namun Pemkab Muba yang dinahkodai Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA bersama Wakil Bupati Muba Beni Hernedi SIP juga berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama delapan (8) tahun tahun berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Foto: istimewa
Pemkab Muba Konsisten Terima Dana Insentif Pemerintah Pusat

REPUBLIKA.CO.ID, SEKAYU--Tidak hanya konsisten menjadi yang tercepat dalam penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) selama tiga tahun berturut-turut, namun Pemkab Muba yang dinahkodai Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA bersama Wakil Bupati Muba Beni Hernedi SIP juga  berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama delapan (8) tahun tahun berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. 

Hal ini membuat Kabupaten Muba berhasil meraih Anugerah Plakat Capaian Opini WTP lima (5) kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Terkait hal tersebut, Pemkab Muba mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan RI yang diserahkan secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel, Taukhid SE MSc MBA kepada Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA di Ruang Audiensi Bupati Muba, Senin (26/10). 

Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan Taukhid SE MSc MBA menyampaikan tujuan utama kunjungannya ke Muba adalah untuk melaksankan amanah dari Kementerian Keuangan RI, atas prestasi capaian Bupati Muba serta seluruh perangkat daerah yang telah berhasil mempertahankan capaian Opini pemeriksaan BPK tertinggi yaitu wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap LKPD tahun 2019 dan tujuh tahun sebelumnya, sebanyak 8 kali berturut-turut. "Alhamdulillah administrasi pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Muba tetap di trek yang benar, oleh karena itu kami akan berikan Piagam Opini WTP" tuturnya.

Kemudian oleh karena Muba telah berhasil mempertahankan capaian berturut-turut hingga 8 (delapan) kali, maka berhak juga mendapat Anugerah Plakat Capaian WTP 5 kali berturut-turut."Visi utama kami hadir di Muba, utk menyampaikan langsung penghargaan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan," imbuhnya.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Keuangan RI atas penghargaan tersebut. Ia pun menyampaikan keberhasilan yang di dapatkan Pemkab Muba selama 8 tahun berturut-turut raih opini WTP dari BPK RI sehingga mendapatkan Anugerah Plakat Capaian Opini WTP 5 kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI merupakan suatu hasil kerja keras dan prestasi seluruh Jajaran Pemkab Muba bersama pihak-pihak terkait lainnya. “Alhamdulillah berkat kerja keras seluruh Jajaran Pemkab Muba dan DPRD Muba kita dapat mempertahankan penghargaan WTP, ini sangat luar biasa," ujar Dodi Reza.

Dodi menambahkan, Pemkab Muba juga telah berhasil mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dua kali berturut-turut, dimana periode pertama sebesar Rp11.924.596 Miliar periode kedua sebesar Rp15.736.961.000 Miliar. "Alhamdulillah Muba mendapatkan DID tambahan Kementerian Keuangan dua periode berturut atas kinerja anggaran untuk penanggulangan Covid-19," ungkap Kepala BPKAD Muba, Mirwan Susanto. 

Lanjutnya, dimana peruntukan DID periode kedua difokuskan pengalokasiannya untuk pemulihan ekonomi, bantuan sosial dan bidang kesehatan. "Kita sangat all out dan konsen dapam upaya pemulihan ekonomi warga Muba terdampak Covid-19," ulasnya. 

Terpisah, Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi menargetkan pada nantinya Pemkab Muba tetap bisa kembali meraih opini WTP. "Bekerja dengan selalu transparan dan tepat waktu akan menjadi prioritas kami Pemkab muba," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA turut didampingi Kepala BPKAD Mirwan Susanto SE MM, Kepala Bappeda Drs Iskandar Sriyanto, Inspektur Kabupaten Muba Drs H RE Aidil Fitri, dan Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP. Selain itu, turut hadir mendampingi Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel, Taukhid SE MSc MBA yakni diantaranya Kabid Pembinaan Pelaksanaan Anggaran RI Siti Rosidah SH MSi, Kepala KPPN Sekayu Abdullah SE, Pelaksana Pembinaan Pelaksanaan Anggaran RI Hasbi Jusuma Leo SE dan Pelaksana Pembinaan Akutansi dan Pelaporan Keuangan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA