Senin 26 Oct 2020 19:48 WIB

Jokowi Buka Festival UMKM Online Terbesar di Indonesia

Festival menjadi wadah bagi para pengusaha dan generasi milenial bertukar pikiran

Presiden Jokowi membuka acara Festival Usaha Milik Kaum Milenial (UMKM) online pertama dan terbesar di Indonesia, Senin (26/10).
Foto: Dokumentasi: Sekretariat Negara RI
Presiden Jokowi membuka acara Festival Usaha Milik Kaum Milenial (UMKM) online pertama dan terbesar di Indonesia, Senin (26/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Jokowi membuka acara Festival Usaha Milik Kaum Milenial (UMKM) online pertama dan terbesar di Indonesia, Senin (26/10). Festival diikuti 68.649 peserta secara live di Kumparan.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan Festival Usaha Milik Kaum Milenial (UMKM) #TerusUsaha dapat menjadi wadah bagi para pengusaha milenial dan generasi milenial lainnya untuk saling bertemu, bertukar pikiran, berkolaborasi, dan meningkatkan keahlian untuk kemajuan bangsa.

Jokowi menyambut baik inisiasi Kumparan untuk menyelenggarakan Festival UMKM.

"Saya memberikan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan kumparan untuk memajukan usaha anak muda, kaum milenial. Semoga melalui festival UMKM online ini akan melahirkan, mendorong, dan memperkuat UMKM milik kaum milenial Indonesia," ucap Jokowi dalam siaran persnya.

 

Menurutnya, kini langkah para pengusaha muda untuk membuat dan mengembangkan bisnis mereka sendiri akan semakin mudah. Salah satu sebabnya adalah karena adanya UU Cipta Kerja yang memangkas aturan yang rumit dan berbelit bagi para pengusaha.

Jokowi optimistis potensi pasar digital di Indonesia dapat tumbuh pesat. "Di tengah potensi pasar yang besar itu, baru 8 juta atau 13 persen dari 64 juta pelaku UMKM yang telah melakukan integrasi dengan teknologi digital. Saya yakin UMKM kita akan bisa cepat naik kelas dengan menjadikan UMKM milik kaum milenial sebagai motor penggerak," lanjut Jokowi.

Sejalan dengan Jokowi, CEO kumparan, Hugo Diba juga menyampaikan keyakinan dan harapan yang sama untuk perekonomian Indonesia. Menurut Hugo, Festival Usaha Milik Kaum Milenial ini dapat dikatakan sebagai muara dari apa yang dilakukan kumparan sebelum dan sepanjang pandemi terjadi. Kumparan terus berusaha membangkitkan semangat wirausaha di kalangan milenial.

“Kami melakukan publikasi terhadap ratusan cerita inspiratif para pelaku UMKM, membantu didirikannya puluhan media di daerah lewat program 1001 media, bekerja sama dengan berbagai jenis UMKM untuk membantu penghidupan dan pengembangan mereka,” jelas Hugo dalam sambutan pembukanya.

Festival UMKM digelar secara online selama tiga hari, 26-28 Oktober 2020. Festival melibatkan puluhan pebisnis milenial yang telah berpengalaman dalam menjajal usaha kecil dan menengah. Pada hari pertama, acara diawali dengan sesi konferensi yang disiarkan secara live melalui YouTube Kumparan. Turut hadir sebagai narasumber, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Ridzki Kramadibrata, David Gunawan, Leonard Theosabrata, Kusumo Martanto, dan Sabrina Kharisanti. Sesi ditutup dengan penampilan Isyana Sarasvati yang membawakan lagu Ibu Pertiwi.

Acara dilanjutkan dengan sesi webinar bersama Andanu Prasetyo, Fitria Anindita, Dinar Amanda, Andromeda Sindoro, Christian Rijanto dan Dita Soedarjo. Informasi selengkapnya mengenai Festival UMKM dapat dilihat melalui laman www.festivalumkm.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement