Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Tim Olimpiade SMA Semesta Raih Delapan Medali KSN 2020

Senin 26 Oct 2020 17:13 WIB

Red: Fernan Rahadi

Sekolah Semesta Bilingual Boarding School Semarang

Sekolah Semesta Bilingual Boarding School Semarang

Foto: http://www.semestaschool.sch.id
Para anggota tim olimpiade diarahkan untuk mengikuti pelatihan olimpiade secara rutin

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Tim Olimpiade SMA Semesta telah menyelesaikan serangkaian lomba Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 dengan membawa kabar gembira. Siswa dan siswi SMA Semesta menjuarai tujuh bidang sekaligus dari total sembilan bidang yang dilombakan. Sekolah Semesta meraih delapan medali dengan dua medali emas, dua perak, dan empat perunggu. 

Namun, perjuangan tim tersebut belum berakhir karena semua peraih medali masih harus mengikuti Pelatihan Nasional untuk berkompetisi dan mewakili Indonesia di Kompetisi Sains tingkat Internasional 2021 yang diadakan di berbagai negara. 

"Semoga siswa-siswi SMA Semesta bisa mewakili Indonesia di Kompetisi Internasional seperti tahun 2020 ini, di mana siswa SMA Semesta Pikatan Arya Bramajati (Bidang Informatika) yang mewakili Indonesia di International Olympiad in Informatics mampu meraih medali emas," ungkap Pembina Klub Olimpiade Sekolah SPK Semesta, Sri Widowati, dalam siaran persnya, Senin (26/10).

Sri mengatakan, para siswa yang menjadi anggota tim olimpiade diarahkan untuk mengikuti pelatihan olimpiade secara rutin. Sekolah favorit di kota Semarang yang baru saja membuka cabang di daerah Candi Golf, Sekolah Semesta 2 (non asrama), tersebut sejak lama dikenal sarat prestasi. Prestasi diraih tidak hanya skala nasional tetapi juga tingkat internasional. 

Untuk prestasi internasional, sekolah Semesta telah tiga kali berturut-turut mengantarkan siswanya ke kompetisi International Olympiad in Informatics (IOI) dengan capaian dua medali emas dan satu medali perak. Tahun 2020 ini kompetisi International Olympiad in Informatics (IOI) yang diselenggarakan secara virtual untuk pertama kalinya, siswa SMA Semesta Pikatan Arya Bramajati yang mewakili Indonesia telah membuktikan ketangguhannya dengan memenangkan medali emas.  Prestasi ini menempatkan Indonesia pada peringkat ke-13 dari 87 negara.  Bersaing dengan 347 peserta lain dari berbagai negara, Pikatan Arya Bramajati mendapatkan nilai total 529,43 dari total nilai maksimal 600. 

"Tim Olimpiade Semesta (Semesta Olympiad Squad/SOS ) adalah salah satu klub atau wadah organisasi unggulan di sekolah Semesta. Dari tim inilah Sekolah Semesta banyak meraih prestasi di bidang OSN maupun prestasi akademik lain. Tidak hanya itu Sekolah Semesta yang terdiri dari jenjang PG, TK, SD hingga SMA ini juga sarat akan prestasi non akademiknya," ujar General Manager Sekolah Semesta, Iskandar Mulia. 

Ia juga menjelaskan, pihaknya  juga membuka peluang beasiswa di jenjang SMP dan SMA bagi anak-anak yang memiliki prestasi dalam bidang akademik dan juga bakat lainnya. Untuk tahun ajaran 2021-2022, Semesta akan membuka pendaftaran jalur beasiswa pada awal bulan November 2020. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA