Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

BPJS Kesehatan Gelar Media Workshop dan Anugerah Jurnalistik

Senin 26 Oct 2020 14:12 WIB

Red: Rahmat Santosa Basarah

BPJS Kesehatan Gelar Media Workshop dan Anugerah Jurnalistik

BPJS Kesehatan Gelar Media Workshop dan Anugerah Jurnalistik

Foto: BPJS Bandung
'Merupakan apresiasi dari perusahaan dalam upaya memberikan informasi terbaik'.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggelar Media Workshop Berbasis Virtual dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik 2020. Kegiatan tersebut menghadirkan perwakilan dari berbagai media online, media cetak dan media elektronik seperti radio dan televisi yang tersebar di seluruh wilayah kantor BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia. Di kota Bandung kegiatan tersebut digelar secara virtual, di kantor BPJS Kesehatan Kota Bandung, Jln. P.H.H. Musthofa No.81 pada Kamis dan Jumat (22-23/10).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Anugerah Lomba Jurnalistik BPJS Kesehatan 2020, yang dibuka langsung oleh Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan melalui Kepala Humas BPJS Kesehatan, Muhammad Iqbal Anas Maruf. 

BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program Jaminan Sosial bidang kesehatan dengan jumlah kepesertaan terbesar di dunia, memiliki kepentingan untuk dapat menyampaikan informasi secara faktual kepada seluruh pemangku kepentingannya, terutama kepada peserta dan publik eksternal lainnya.

Berbagai tema workshop di suguhkan dalam kegiatan ini, di hari pertama terdapat dua sesi. Di sesi pertama mengangkat tema yakni yakni “Menjaga Keberlangsungan Program JKN-KIS, dan Peran Jaminan Sosial Kesehatan di Era Pandemi Covid-19 di Indonesia”. Dengan menghadirkan pemateri Prof. Hasbullah Thabrany (Pakar Asuransi Kesehatan), Yustinus Prastowo (Staf Khusus Menteri Keuangan RI Bidang Komunikasi), Kunto Ariawan (Direktorat Penelitian dan Pengembangan, Kedeputian Pencegahan KPK), Adang Bachtiar (Ketua Tim Kendali Mutu Kendali Biaya Pusat) dan Agus Pambagio (Pengamat Kebijakan Publik).

Di sesi kedua di hari yang sama membahas tema tentang “Peran Jaminan Sosial Kesehatan di Era Pandemi Covid-19” dengan pemateri Budi Hidayah ( Pakar Asuransi Kesehatan), TB A. Chusni  ( Deputi II Kementrian Koordinator Pemberdayaan Manusia Dan Kebudayaan), Raden Pardede (Sekretaris eksekutif Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Naional).

Sementara di hari kedua mengupas tema yang menjadi isu hangat di tengah masyarakat yakni “Optimalisasi Layanan Jaminan Kesehatan di Era Pandemi Covid-19”. Ada 3 pemateri yang dilibatkan yakni Andayani Budi Lestari (Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan), Muttaqien (Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional) dan Tulus Abadi (Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung, M. Cucu Zakaria mengatakan, Media Workshop dan Anugerah Karya Lomba Jurnalistik 2020 merupakan apresiasi dari perusahaan dalam upaya memberikan informasi terbaik untuk keberlangsungan program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Pasca kegiatan ini, berharap banyak informasi terkait program JKN KIS yang bisa disampaikan kepada masyarakat luas. Sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi yang benar dan tepat tentang Kepesertaan JKN KIS, termasuk hak dan kewajiban peserta JKN-KIS. ''Apalagi yang menyampaikan informasi terkait program JKN-KIS dalam workshop ini adalah orang-orang yang kompeten di bidangnya, ini bukan hoax, sehingga informasinya bisa disampaikan kepada masyarakat terkait program JKN-KIS bisa lebih baik lagi,'' ujar Cucu.

Lebih lanjut dia menjelaskan informasi tersebut termasuk program Pandawa (Pelayanan Administrasi Dari Whats app), dimana program ini membuat masyarakat tidak perlu ke kantor cabang, namun cukup dengan melalui WA (whats app) sudah bisa membantu masyarakat.

''Melalui aplikasi pandawa ini, masyarakat akan melakukan pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan segmen kepesertaan, perubahan data identitas, perubahan data golongan dan gaji, perubahan FKTP.  Juga penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kepesertaan JKN-KIS bisa di tangani. Pastinya masyarakat akan sangat terbantu, agar meminimalisir dalam mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang kekantor, tapi cukup dirumah saja sudah bisa di layani melalui WA ke nomer 081312365644 (pandawa bpjs kesehatan bandung),'' ungkapnya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA