Senin 26 Oct 2020 12:25 WIB

Jokowi Lantik 12 Dubes LBBP

Pelantikan dubes LBBP digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Presiden Joko Widodo membacakan sumpah dan janji jabatan kepada sejumlah Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia saat acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/2).
Foto: Republika/ Wihdan
Presiden Joko Widodo membacakan sumpah dan janji jabatan kepada sejumlah Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia saat acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 12 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/10). Pelantikan yang berlangsung pukul 9:30 WIB ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Acara dimulai dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden No 106/P Tahun 2020 tentang pengangkatan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh RI.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan terhadap kedua belas Dubes LBBP oleh Presiden Jokowi.

photo
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) RI untuk negara sahabat mengikuti sumpah ketika pelantikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Senin (7/1/2019). - (Antara/Wahyu Putro A)

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh para Dubes LBBP yang dilantik.

Berikut nama-nama Dubes LBBP yang dilantik, yakni:

1. Dindin Wahyudin, Dubes LBBP RI untuk Republik Senegal merangkap Republik Mali, Republik Gambia, Republik Guinea Bissau, Republik Sierra Leone, Republik Cote D'lvoire, Republik Gabon dan Republik Demokratik Kongo, berkedudukan di Dakar.

2. Roem Kono. Dubes LBBP RI untuk Bosnia dan Herzegovina, berkedudukan di Sarajevo.

3. Dewi Savitri Wahab. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Denmark merangkap Republik Lithuania, berkedudukan di Kopenhagen.

4. Nana Yuliana. Dubes LBBP RI untuk Republik Kuba merangkap Persemakmuran Bahama, Jamaika, Republik Dominika dan Haiti berkedudukan di Havana.

5. Heri Akhmadi. Dubes LBBP RI untuk Jepang merangkap Federasi Micronesia, berkedudukan di Tokyo.

6. Elmar Iwan Lubis. Dubes LBBP RI untuk Republik Irak, berkedudukan di Baghdad.

7. Iwan Bogananta. Dubes LBBP RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan republik Mekedonia, berkedudukan di Sofia.

8. Jose Antonio Morato Tavares. Dubes LBBP RI untuk Federasi Rusia merangkap Belarus, berkedudukan di Moskow.

9. Desra Percaya. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), berkedudukan di London.

10. Chalief Akbar Tjandraningrat. Dubes LBBP RI untuk Republik Rakyat Aljazair, berkedudukan di Alger.

11. Lutfi Rauf. Dubes LBBP RI untuk Republik Arab Mesir, berkedudukan di Kairo.

12. Rachmat Budiman. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP berkedudukan di Bangkok.

Usai pengambilan sumpah jabatan, acara diakhiri dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, Presiden dan Wakil Presiden memberikan ucapan selamat kepada para pejabat yang dilantik dan melakukan foto bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement