Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Mensos Diminta Konsisten Lanjutkan Kinerja Setahun Terakhir

Senin 26 Oct 2020 11:01 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara memantau penyaluran bantuan sosial tunai tahun 2020 Kementerian Sosial (Kemensos) tahap tiga di Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Kamis (9/7).

Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara memantau penyaluran bantuan sosial tunai tahun 2020 Kementerian Sosial (Kemensos) tahap tiga di Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Kamis (9/7).

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Kemensos bertanggung jawab dalam menyalurkan bansos di tengah pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sosial (Kemensos) diminta lanjutkan kinerja yang ditunjukkan dalam setahun terakhir. Di bawah arahan Juliari P Batubara, Kemensos jadi garda terdepan dalam penyaluran bantuan dari pemerintah di tengah pandemi.

Bantuan sosial ini meliputi Program Jaring Pengaman Sosial: Program Sembako (BPNT), PKH, Bansos tunai, bansos beras, bansos tunai bagi KPM sembako non-tunai untuk menjaga daya beli masyarakat dan mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat Indonesia di tengah pendemi.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf mengapresiasi kinerja Menteri Sosial tersebut. Yusuf menilai Kemensos berperan optimal dalam hal realisasi anggaran di bidang perlindungan sosial.

“Saya harus sportif, siapa pun yang menunjukkan prestasi maka harus diapresiasi,” kata politisi PKS tersebut, Senin (26/10).

Hal senada disampaikan Anggota Komisi VIII M. Ali Taher. Ia mengapresiasi Kemensos yang telah menunjukkan kinerja terbaiknya.  Begitu juga Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto memuji kinerja anggaran Kementerian Sosial RI di bawah kepemimpinan Menteri Sosial Juliari P. Batubara.

“Saya mengapresiasi kinerja Kementerian Sosial selama satu tahun terakhir. Kinerjanya bagus. Dengan anggaran yang terus meningkat, dan bahkan terbesar, namun serapan anggarannya paling tinggi dan penyalurannya tepat sasaran,” kata Yandri

Harapan juga datang dari perkumpulan da'i dan mubalig Jaringan Islam Kebangsaan (JIK). Koordinator Nasional JIK, Irfaan Sanoesi mengungkapkan bahwa Kementerian Sosial (Kemensos) menjadi salah satu lembaga tersibuk di tengah pendemi Covid-19. 

“Beragam bantuan disuntikan pemerintah melalui Kemensos yang diperuntukan bagi masyarakat miskin, rentan, dan terdampak Covid-19. Bantuan sosial ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Irfaan.

“Dampak Covid-19 begitu dahsyat. Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK), pengangguran, dan kelaparan kian berada  di pelupuk mata. Negara hadir di tengah kesulitan masyarakatnya menghadapi pendemi yang meluluhlantakan semua lini kehidupan,” ujarnya menambahkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA