Senin 26 Oct 2020 08:43 WIB

Eastspring Indonesia Tawarkan Reksa Dana Pembagi Dividen

Hingga September 2020, dana kelolaan Eastspring Yield Discovery Rp 70,62 miliar.

Alan J Tangkas Darmawan, presiden direktur Eastspring Indonesia.
Foto: Dok Eastspring Indonesia
Alan J Tangkas Darmawan, presiden direktur Eastspring Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah pandemi Covid-19,  reksa dana yang dapat  membagikan dividen bisa menjadi pilihan investasi. Reksa dana yang membagi dividen  tersebut umumnya merupakan reksa dana yang berbasis obligasi yaitu reksa dana  pendapatan tetap dan reksa dana terproteksi.

Reksa Dana Eastspring Investments Yield  Discovery (“Eastspring Yield Discovery”) milik PT Eastspring Investments Indonesia (“Eastspring Indonesia”) merupakan reksa dana berbasis pendapatan tetap yang memiliki  kebijakan baru yaitu produk reksa dana yang membagikan dividen secara berkala. 

Alan J  Tangkas Darmawan, presiden direktur Eastspring Indonesia mengatakan, Eastspring Yield Discovery adalah reksa dana pendapatan tetap yang menempatkan 80 sampai 100 persen  investasinya pada instrumen obligasi, sedangkan hingga maksimum 20 persen ditempatkan  di instrumen pasar uang.

“Eastspring Yield Discovery bertujuan untuk mempertahankan  modal investasi serta memperoleh keuntungan melalui penempatan dana terutama dalam  bentuk efek bersifat utang di pasar modal dan dalam bentuk instrumen pasar uang,’ kata Alan J Tangkas Darmawan dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (26/10).

Ia menambahkan, hingga akhir September 2020, dana kelolaan yang terdapat pada Reksa Dana Eastspring  Yield Discovery tercatat mencapai sebesar Rp 70,62 miliar dengan jumlah unit penyertaan  mencapai Rp 44,10 juta. Sementara dari segi portofolio, Reksa Dana Eastspring Yield  Discovery menjadikan obligasi pemerintah sebagai underlying aset utamanya, yakni sebesar  92,62  persen  lalu sisanya ditempatkan di pasar uang dan kas. 

“Dividen akan dibagikan setiap tiga  bulan pada pertengahan bulan dan  dividen akan dibayar langsung ke rekening investor. Adapun besaran dividen tergantung pada hasil pengelolaan reksa dana setiap investor,” jelas Alan. 

Alan juga mengatakan bahwa Eastspring Yield Discovery telah mendapatkan penghargaan  untuk produk Reksa Dana Pendapatan Tetap Terbaik dari Bareksa Kontan OVO Fund Awards  2020 kategori Silver periode 5lima tahun untuk aset AUM < 100 Miliar pada tanggal 21 Oktober  2020. 

Sesuai dengan kelas asetnya, kata dia, Reksa Dana Eastspring Yield Discovery ini sesuai untuk investor  yang memiliki profil risiko moderat dengan horizon investasi jangka pendek sampai dengan  menengah antara 2-3 tahu.  “Dengan melihat adanya kebutuhan nasabah dan  masyarakat akan produk yang dapat menghasilkan pendapatan setiap kuartal maka diharapkan Reksa Dana Eastspring Yield Discovery dapat menjadi alternatif pilihan investasi bagi para  investor dalam mengatur porsi cash (tunai) di masa yang akan datang,” tutup Alan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement