Ahad 25 Oct 2020 15:46 WIB

Kemendikbud-Maarif Institute Kerja Sama Literasi Media

Masalah literasi media akibat kurangnya informasi dan solusi yang tersedia

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Gita Amanda
ilustrasi literasi media.
Foto: www.freepik.com
ilustrasi literasi media.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama dengan Maarif Institute for Culture and Humanity menandatangani nota kesepahaman terkait literasi media bagi mahasiswa dan dosen. Kerja sama ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan perencanaan yang baik.

"Kami titipkan kepada Maarif Institute sebanyak 287 ribu dosen dan 8 juta mahasiswa untuk diberikan literasi tentang media dan agar dapat mempercepat transformasi pendidikan tinggi," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Paristiyanti Nurwardani, dalam keterangannya, Sabtu (24/10).

Direktur Program Maarif Institute, Khelmy menyampaikan permasalahan literasi media yang terjadi saat ini diakibatkan oleh kurangnya informasi dan solusi yang tersedia. Sehingga tantangan hoaks semakin kompleks sementara belum ada panduan kurikulum dan materi yang tersedia pun belum memadai.

Selain itu, sebagian besar literasi media disajikan dalam bentuk kelas yang berdampak pada keterbatasan masyarakat untuk mengakses materi-materi tersebut. Hal ini juga diperburuk dengan peningkatan konsumsi konten internet yang negatif, dan tidak diiringi dengan literasi digital atau literasi informasi.

Khelmy menyampaikan melalui kerjasama Program Tular Nalar, Maarif Institute berharap dapat menularkan nalar yang baik dan meningkatkan literasi digital di masyarakat. Program ini ditujukan kepada 26.700 guru, dosen, dan mahasiswa calon guru dalam bentuk daring dan luring selama 1,5 tahun.

Para peserta program diberikan materi pelajaran terkait pemikiran kritis dan literasi media berupa seminar, pelatihan, talkshow radio, video, modul, assessment, serta platform pembelajaran yang dapat diakses secara gratis.

"Program ini yang nantinya akan Maarif Institute kombinasikan dengan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) yang sudah dimiliki oleh Kemendikbud dan akan berjalan di 23 kota. Harapannya, peserta program ini memiliki kompetensi pribadi mengenai literasi digital, bisa merespon situasi dan hoaks, dan terakhir memiliki suatu ketahanan yang luar biasa terhadap dirinya atau bahkan bisa berdampak pada lingkungan sekitarnya atau menjadi agent of change," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement