Ahad 25 Oct 2020 11:20 WIB

Libur Long Weekend, Daop 3 Cirebon Operasikan 53 KA

Peningkatan jumlah perjalanan KA itu secara otomatis menambah jumlah tempat duduk.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Petugas Daop 3 Cirebon melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap calon penumpang KA di Stasiun Cirebon. Hal itu sebagai antisipasi penyebaran virus corona.
Foto: Dok Humas Daop 3 Cirebon
Petugas Daop 3 Cirebon melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap calon penumpang KA di Stasiun Cirebon. Hal itu sebagai antisipasi penyebaran virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pemerintah telah menetapkan libur panjang akhir pekan untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW  dan cuti bersama pada akhir pekan mendatang. Untuk itu, PT KAI Daop 3 Cirebon mengoperasikan 53 KA ke berbagai wilayah di pulau Jawa.

"Penambahan perjalanan KA itu merupakan upaya KAI untuk memenuhi permintaan masyarakat yang ingin menikmati libur panjang pada akhir nanti," kata Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, Ahad (25/10).

Peningkatan jumlah perjalanan KA itu secara otomatis menambah jumlah tempat duduk yang disediakan. Jumlah tempat duduk KA Jarak Jauh pada long week end sebanyak 221.193 tempat duduk. Jumlah itu naik 13 persen dibanding masa sebelumnya sebanyak 195.211 tempat duduk.

Menurut Luqman, tiket KA long weekend libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober sudah dapat dipesan mulai H-14. Pemesanan bisa dilakukan di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

"Dapatkan Railpoint dari setiap pembelian tiket KA Jarak Jauh Komersial dengan melakukan registrasi pada aplikasi KAI Access versi terbaru," ucap Luqman.

Selain itu, dengan melakukan transaksi tiket KA di aplikasi KAI Access, pelanggan dapat langsung memesan taksi Bluebird untuk melanjutkan perjalanan dari stasiun kedatangan ke tujuan akhir secara praktis.

Luqman menyebutkan, sejumlah KA favorit masyarakat yang dapat dipesan di masa long weekend, di antaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir pp dan KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Jakarta Kota pp. Selain itu, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen pp, KA Tegal Ekspres relasi Tegal – Pasar Senen, KA Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo  balapan PP dan berbagai KA lainnya.

"Kami berharap, perjalanan KA libur long weekend dapat dimanfaatkan masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak," tutur Luqman.

Sementara itu, sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI menyediakan layanan rapid test di 30 stasiun. Pelayanan tersebut bertujuan untuk memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar.

Adapun 30 stasiun itu, yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Blitar. Selain itu, Stasiun Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau.

"Sejak dibuka, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan tersebut sudah mencapai lebih dari 190 ribu pelanggan," ujar Luqman.

Konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan KA telah diakui dengan diperolehnya Safe Guard Label SIBV. Safe Guard Label SIBV itu telah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Bureau Veritas, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Luqman mengatakan, masyarakat tidak perlu ragu dalam menggunakan berbagai layanan KAI. Pasalnya, KAI telah dispilin dalam menerapkan protokol kesehatan. Dia berharap minat masyarakat untuk menggunakan kereta api kembali seperti sebelum adanya pandemi.

Sementara itu, untuk informasi terkait perjalanan KA pada masa Long Weekend selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email [email protected], dan media sosial KAI 121. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement