Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Gempa 5,9 Berpusat di Pangandaran, Warga Sukabumi Kaget...

Ahad 25 Oct 2020 08:46 WIB

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto

Petugas BMKG memantau perkembangan gempa (ilustrasi).

Petugas BMKG memantau perkembangan gempa (ilustrasi).

Foto: Antara/Izaac Mulyawan
BMKG menyebutkan, gempa dengan magnitudo 5.9 terjadi sekitar pukul 07.56 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sejumlah warga Kota/Kabupaten Sukabumi merasakan guncangan gempa dengan magnitudo 5,9 yang berpusat di Pangandaran, Jawa Barat, Ahad (25/10). Peristiwa tersebut menyebabkan warga terkejut karena getaran gempa cukup besar terasa.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa dengan magnitudo 5.9 terjadi sekitar pukul 07.56 WIB. Titik lokasi gempa berada di 8.22 LS dan 107.87 BT tepatnya 90 kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 10 Kilometer serta tidak berpotensi tsunami.

"Guncangannya cukup kuat dan mengagetkan warga," ujar salah seorang warga Kota Sukabumi, Rahmat (28 tahun) yang tengah berolaharga di Lapang Merdeka Kota Sukabumi. Namun beruntung gempa berlangsung singkat.

Gempa ini kata Rahmat, hanya menyebabkan warga terkejut dan mencari tempat aman. Dari pantauannya tidak ada kerusakan bangunan.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami mengatakan, gempa tersebut cukup kuat dirasakan warga. "Saat ini masih terus dipantau dampak gempa di lapangan," kata dia.

Namun lanjut Zulkarnain, hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa. Nantinya jika ada laporan kerusakan maka dapat ditindaklanjuti dengan cepat oleh petugas di lapangan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA