Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Ajax Pecahkan Rekor Usai Menang Telak 13-0 atas VVV-Venlo

Ahad 25 Oct 2020 02:32 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Pemain remaja Ajax Lassina Traore (kiri) merayakan gol bersama pemain lainnya. Klub raksasa Belanda, Ajax Amsterdam, mencatat kemenangan terbesar dalam sejarah Eredivisie dengan kemenangan 13-0 atas tim papan tengah VVV-Venlo yang bermain dengan 10 pemain.

Pemain remaja Ajax Lassina Traore (kiri) merayakan gol bersama pemain lainnya. Klub raksasa Belanda, Ajax Amsterdam, mencatat kemenangan terbesar dalam sejarah Eredivisie dengan kemenangan 13-0 atas tim papan tengah VVV-Venlo yang bermain dengan 10 pemain.

Foto: OLAF KRAAK/EPA
Pemain remaja Ajax memasukkan lima gol ke gawang VVV-Venlo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub raksasa Belanda, Ajax Amsterdam, mencatat kemenangan terbesar dalam sejarah Eredivisie dengan kemenangan 13-0 atas tim papan tengah VVV-Venlo yang bermain dengan 10 pemain. Rekor ini melewati rekor mereka sebelumnya yang menang 12-1 aras Vitesse pada 1972 lalu.

Pemain remaja Ajax, Lassina Traore, mencetak lima gol dalam pertandingan ini. Sementara Jurgen Ekkelenkamp dan Klaas-Jan Huntelaar masing-masingnya mencetak dua gol. Dusan Tadic, Antony, Daley Blind dan Lisandro Martinez mencetak sisanya.

Pada pertandingan ini, VVV-Venlo harus bermain dengan 10 orang pemain sejak menit ke-35 setelah Christian Kum diganjar kartu merah. Kala itu, timnya sudah tertinggal empat gol lebih dulu dari Ajax.

Dengan koleksi lima golnya kali ini, pemain asal Burkina Faso berusia 19 tahun itu tercatat sebagai, pencetak gol terbanyak dalam pertandingan papan atas Belanda sejak September 2019. Sebelum dia, Donyell Malen mencetak jumlah yang sama untuk PSV Eindhoven melawan Vitesse.

Dia juga menjadi pemain Ajax pertama yang mencatatkan lima gol dalam pertandingan Eredivisie sejak Marco van Basten pada 1985, enam gol kala itu, dan yang pertama dari klub yang mencatat tiga assist dalam pertandingan liga sejak Frenkie de Jong pada 2017. Traore terpaut dua gol dari rekor Eredivisie yang dibuat oleh mantan striker Middlesbrough, Afonso Alves, yang mencetak tujuh gol untuk Heerenveen.

Berdasarkan laporan BBC, kemenangan dengan margin 13 gok Ajax ini bukan hanya yang terbesar dalam sejarah Eredivisie, tetapi juga kedua dalam sejarah klub di semua kompetisi. Kemenangan terbesar Ajax terjadi pada tahun 1984 ketika mereka mengalahkan Differdange 14-0 di Liga Europa, yang sebelumnya bernama Piala UEFA.

Selain itu, hasil ini tercatat sebagai yang pertama kali dalam satu dekade tim mana pun mampu mencetak setidaknya 10 gol dalam satu pertandingan Eredivisie sejak PSV mencatatkan kemenangan 10-0 atas Feyenoord.

Di sisi tim lawan, kekalahan telak ini merupakan kekalahan terbesar dalam sejarah klub. Jumlah kekalahan skor VVV-Venlo melampaui rekor sebelumnya yang kalah 10-1 dari FC Eindhoven di Eerste Divisie pada tahun 1964. Di Eredivisie, kekalahan terberat mereka sebelumnya adalah dengan selisih tujuh gol dari Ajax, Heracles Almelo, dan AZ Alkmaar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA