Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

City Hanya Bawa Pulang Satu Poin dari Markas the Hammers

Sabtu 24 Oct 2020 20:33 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

 Phil Foden (tengah) merayakan golnya bersama rekan-rekannya di Manchester City dalam laga kontra West Ham United di Stadion London, Britain, dalam lanjutan Liga Primer Inggris, 24 Oktober 2020. Laga City vs tuan rumah West Ham berakhir imbang 1-1.

Phil Foden (tengah) merayakan golnya bersama rekan-rekannya di Manchester City dalam laga kontra West Ham United di Stadion London, Britain, dalam lanjutan Liga Primer Inggris, 24 Oktober 2020. Laga City vs tuan rumah West Ham berakhir imbang 1-1.

Foto: EPA/Justin Tallis / POOL
Manchester City bahkan sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama dari tuan rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manchester City harus rela membawa pulang satu poin dari lawatan ke markas West Ham United, Stadion London, pada pekan keenam Liga Primer Inggris, Sabtu (24/10). Sempat tertinggal lebih dulu dari tim tuan rumah pada babak pertama, City berhasil membalas pada menit ke-51. Laga pun berakhir dengan skor imbang, 1-1.

The Citizens datang ke Stadion London dengan tekad tetap berada di trek kemenangan setelah mampu membungkam Arsenal pada pekan kelima Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu. Pun dengan keberhasilan mengalahkan FC Porto di pentas Liga Champions.

Sergio Aguero kembali memimpin lini serang The Citizens. Striker asal Argentina itu diapit oleh Raheem Sterling dan Riyad Mahrez di kedua sisi serangan. Sementara di jantung pertahanan, Eric Garcia berduet dengan Ruben Dias.

Sedangkan tim tuan rumah menurunkan Declan Rice di lini tengah guna mematahkan serangan City. Selain itu, Michail Antoino dipercaya sebagai penyerang tunggal di laga yang digelar di Stadion London. Keberhasilan menahan imbang Tottenham Hotspur, 3-3, di laga terakhir meningkatkan kepercayaan diri tim besutan David Moyes di laga ini.

Namun, pada awal babak pertama, tim tamu yang mampu menguasai permainan. The Citizens berhasil mengepung pertahanan the Hammers. Peluang buat the Citizens pun datang pada menit ke-14 lewat peluang dari Ilkay Gundogan. Sayangnya, gelandang asal Jerman itu gagal memanfaatkan umpan lambung dari Mahrez.

Kendati berhasil menguasai permainan, tapi gol pertama di laga ini justru mampu dicetak the Hammers. Tim tuan rumah sukses mengejutkan tim tamu dengan torehan gol dari Michael Antonio pada menit ke-18. Gol ini pun terbilang cukup indah. Antonio melepaskan bicycle kick tepat di mulut gawang City usai menerima umpan lambung dari Vladimir Coufal dari sisi kanan pertahanan City.

Gol ini pun tercatat menjadi tembakan pertama West Ham di laga ini. Tertinggal satu gol, City terus mengepung pertahanan the Hammers.

The Citizens tercatat mengemas 72 persen penguasaan bola dan empat tembakan. Sayangnya, semua upaya City untuk menyamakan kedudukan menemui kegagalan. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan satu gol untuk tuan rumah.

Memasuki babak kedua, pelatih City, Pep Guardiola, memutuskan untuk melakukan perubahan di skuat the Citizens. Phil Foden dipilih masuk menggantikan Sergio Aguero. Dengan keluarnya Aguero, City tampil tanpa striker murni. Kendati begitu, langkah ini terbukti efektif. City menyamakan kedudukan pada menit ke-51.

Adalah Foden yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari penetrasi Joao Cancelo di sebelah kanan pertahanan the Hammers, gelandang asal Inggris itu merobek gawang tim tuan rumah. Setelah menerima umpan tarik dari Cancelo, Foden melepaskan tendangan terarah ke pojok kanan bawah gawang the Hammers tanpa bisa diantisipasi oleh kiper Lukasz Fabianski.

City tidak mau berhenti sampai di situ. The Citizens terus berusaha menambah gol dan membawa pulang tiga angka dari lawatan di markas The Hammers. Namun, keputusan pelatih West Ham, David Moyes, dengan menempatkan lima pemain bertahan terbukti efektif menahan gempuran gelombang serangan the Citizens.

Demi menambah aspek kreativitas di bangunan serangan timnya, Guardiola akhirnya memasukan Kevin De Bruyne, yang sempat absen di laga kontra Porto lantaran mengalami cedera. De Bruyne menggantikan posisi Bernardo Silva pada menit ke-69. Gelandang serang asal Belgia itu kemudian bisa menebar ancaman ke gawang the Hammers.

De Bruyne mendapatkan peluang lewat tendangan bebas dari luar kotak penalti pada menit ke-79. Namun, Fabianski masih bisa menghalau bola yang diarahkan ke pojok atas kanan gawang the Hammers tersebut.

Pada pengujung masa injury time babak kedua, City kembali mendapatkan peluang lewat solo run Riyad Mahrez ke jantung pertahanan the Hammers. Namun, upaya Mahrez ini hanya berujung pada kegagalan lantaran bola sepakannya masih bisa dihalau Fabianski. Akhirnya, City harus puas membawa pulang satu poin dari lawatan ke markas the Hammers. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER